POPULAR STORIES

Rawan Tergelincir, Begini Cara Motoran Saat Kondisi Hujan

Rawan Tergelincir, Begini Cara Motoran Saat Kondisi Hujan YIMM

KabarOto.com - Berkendara sepeda motor saat hujan memang perlu konsentrasi untuk lebih berhati-hati. Kondisi jalan raya yang sering terkena air hingga lumpur menambah resiko tergelincir saat berkendara.

Saat berkendara dalam kondisi licin memang perlu teknik berkendara yang tepat dan juga persiapan lebih.

Danang Hermanto, salah satu instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, memberikan tips berkendara motor melewati jalanan licin.

Pertama, cek kondisi motor sebelum melakukan perjalanan, yang terpenting adalah kondisi ban dan juga pengereman.

Baca Juga: Yamaha XSR Punya 4 Warna Baru, Dibanderol Rp 37.635.000

Pastikan ban dalam kondisi prima, alur ban tidak gundul, tekanan angin juga sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Karena, hal ini paling sering diabaikan oleh pengendara dengan tidak melakukan pengecekan kondisi angin secara rutin sehingga tanpa sadar berkendara dengan ban kempis ataupun terlalu tinggi tekanan anginnya.

Sebaiknya ikuti rekomendasi yang ada di buku petunjuk, ataupun servis motor secara berkala di bengkel resmi. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah teknik berkendara yang tepat.

"Posisi tubuh rileks, terutama di tangan dan bahu pengendara. Posisikan kaki rapat mendekap tangki motor apabila menggunakan motor sport, bila menggunakan motor matik atau bebek posisikan kaki rapat di dalam dek motor," jelasnya.

Baca Juga: Total 55 Chapter, Komunitas Yamaha Fazzio Yogyakarta Resmi Didirikan

Pastikan juga siku tangan sedikit ditekuk, sehingga tangan bisa bebas bergerak mengendalikan setang motor. Selain itu pergunakan rem depan dan belakang secara halus, hindari penggunaan rem secara mendadak dan keras.

Apabila keadaan terlalu berbahaya, hindari jalanan yang kondisinya licin. Ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu sebelum berkendara, untuk mengetahui untuk mencari rute perjalanan yang lebih aman.