Rayakan 50 Tahun, Toyota Indonesia Rangkul Undip Majukan SDM Kendaraan Listrik

Rayakan 50 Tahun, Toyota Indonesia Rangkul Undip Majukan SDM Kendaraan Listrik Ilustrasi (TMMIN)

KabarOto.com - Dalam rangka memperingati 50 Tahun keberadaan Toyota Indonesia, Toyota berkolaborasi bersama Universitas Diponegoro (UNDIP) mengadakan seminar nasional dengan tema '100 Years of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission'.

Indonesia telah menyatakan komitmennya dalam forum internasional dengan menargetkan tercapainya Net-Zero Emission pada tahun 2060. Sinergi serta keterlibatan berbagai sektor dalam kolaborasi antara Pemerintah, Akademisi, dan Industri Otomotif menjadi elemen penting untuk mendukung target ini. Tentunya melalui aktivitas kehidupan yang lebih hijau maupun pembangunan ekonomi nasional yang merata.

Netralitas karbon akan menjadi penggerak utama perubahan di masa depan untuk segala sektor kehidupan, dan generasi muda nantinya akan memimpin Indonesia menjadi pemain global.

Baca Juga: Ada Apa Saja Di Fasilitas XEV Center Milik Toyota?

Toyota meyakini bahwa mahasiswa sebagai generasi muda dapat disiapkan lebih awal dalam mengambil inisiasi gerakan hijau, demi menghadapi tantangan di masa akan datang. Oleh karena itu, Institusi pendidikan tinggi memegang peranan strategis dalam mengembangkan, mengkaji, dan menyiapkan generasi muda sebagai SDM penerus berdaya saing tinggi.

“Aktivitas seminar nasional ini harapannya dapat menjadi wadah diskusi komprehensif yang membantu dan mendukung akselerasi Indonesia mencapai target Net-Zero Emission. Hal tersebut tentunya dapat terwujud melalui sinergi bersama antara Institusi Pendidikan, Generasi Muda, dan juga sektor industri khususnya Industri Otomotif nasional,” ujar Warih Andang Tjahjono selaku Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Baca Juga: Kemenperin Resmikan Fasilitas Pembelajaran Kendaraan Listrik Milik Toyota

Paparan seminar nasional akan dibuka oleh Direktur Mitigasi Perubahan Iklim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ir. Emma Rachmawati, M.Sc. Emma akan menjelaskan mengenai komitmen pemerintah untuk mewujudkan target net-zero emission, serta pencapaian maupun strategi apa saja yang sudah dilakukan oleh Indonesia.

“Pengembangan generasi muda saat mengenyam pendidikan tinggi menjadi momen penting bagi universitas di Indonesia agar dapat berperan aktif dalam mempersiapkan serta mengembangkan kemampuan maupun pengetahuan mahasiswa,” tutup Bob Azam Corporate Affairs External Director PT TMMIN.