POPULAR STORIES

Rayakan HUT Ke-15, AXIC Bawa Pesan Moral Jaga Lingkungan

Rayakan HUT ke-15, AXIC Bawa Pesan Moral Jaga Lingkungan HUT ke-15 AXIC Fantast15

KabarOto.com - Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-15 yang jatuh pada 3 April 2019 lalu, komunitas para pengguna Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang tergabung dalam komunitas AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) menggelar kegiatan bertajuk #Fantast15 di kawasan Car Free Day (CFD) Jakarta pada esok hari (7 April).

Dalam satu hari tanpa kendaraan bermotor di kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin itu, komunitas mobil sejuta umat lansiran Toyota dan Daihatsu ini mengampanyekan pengurangan pemakaian kantong plastik kepada masyarakat yang beraktivitas di arena CFD Jakarta.

Taufik Hidayatullah, Ketua Umum AXIC, mengatakan tema kegiatan ulang tahun kali ini adalah "Fantast15". Tema ini untuk menggambarkan perjalanan dan kontribusi AXIC selama 15 tahun di industri dan komunitas otomotif nasional.

Baca juga: Nyetir New Toyota Avanza 2019 Lebih Stabil Gara-gara Ini

"Tahun ini kami ingin kampanye pengurangan pemakaian kantong plastik sebagai merupakan bentuk kepedulian AXIC terhadap lingkungan. Sebab sampah plastik di kota-kota besar terutama di Jakarta sangat mengkhawatirkan kondisinya," ujar Taufik dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (5/4).

Menurut Taufik, apalagi sampah kantong plastik sangat sulit didaur ulang. Kita sudah darurat sampah plastik.

AXIC Fantast15

Rencananya, perayaan HUT ke-15 AXIC ini sekaligus kampanye pengurangan kantong plastik ini berpusat di pelataran parkir pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin.

Kegiatan ini diawali dengan start dari Sarinah Thamrin, para anggota AXIC dan undangan yang hadir akan diajak jalan santai (fun walk) di arena CFD sambil memberikan brosur-brosur tentang pentingnya pengurangan sampah plastik.

Ajakan membawa botol minum sendiri serta pemberian secara gratis tas daur ulang kepada warga sehingga bisa menekan penggunaan kantong plastik di arena CFD Jakarta. Disiapkan sekitar 500 tas daur ulang.

Selama acara berlangsung, disediakan pemeriksaan kesehatan dan mata gratis dari mitra AXIC. Agar kegiatan ini lebih optimal, AXIC juga mengundang para pihak terkait, seperti Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, dan sebagainya.

AXIC Fantast15

Selain membawa pesan lingkungan, namun tema otomotif tetap hadir dalam perayaan Fantast15 AXIC, berupa pameran mobil lima model lawas Toyota Avanza. Kegiatan ini diharapkan dapat berjalan lancar berkat dukungan Sarinah, Toyota-Astra Motor, Astra Daihatsu Motor, Auto2000, Bendix, Garda Oto, GT Radial, dan Shopee.

"Kami berharap, di usia 15 tahun, AXIC bisa terus konsisten mengampanyekan kebaikan di bidang otomotif, sosial seperti lingkungan, dan keluarga, sesuai dengan tiga pilar kegiatan AXIC," papar Taufik.

Baca juga: Kabin New Toyota Avanza 2019 Lebih Senyap, Kenapa Ya?

Ia pun turut memaparkan, "Seperti rencana kegiatan pada 7 April nanti, AXIC ingin berperan lebih jauh untuk kebaikan lingkungan hidup dengan mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik dengan membagikan 500 kantong daur ulang," tukasnya.

Untuk diketahui, saat ini AXIC telah beranggotakan sekitar 6.000 ID yang tersebar di seluruh Indonesia. Berdiri sejak 3 April 2004, AXIC juga makin Indonesia dengan memiliki 12 chapter di kawasan Jabodeta (tanpa Bekasi) dan 54 cabang, mulai dari Pulau Sumatra hingga Papua.