POPULAR STORIES

Recall 7 Juta Unit Kendaraan, General Motors Rugi Rp 17 Triliun

Recall 7 Juta Unit Kendaraan, General Motors Rugi Rp 17 Triliun

KabarOto.com - Produsen mobil raksasa asal Amerika Serikat yakni General Motors (GM) berencana melakukan penarikan kembali sebanyak atau recall 7 juta unit kendaraan. Sempat jadi polemik, rupanya inflator airbag Takata kembali jadi penyebab potensi kecelakaan.

Dikabarkan oleh Reuters sebelumnya, bahwa pabrikan asal negeri Paman Sam tersebut sempat membuat petisi untuk menghindari kewajiban recall kendaraan yang berpotensi bermasalah tersebut.

Usaha tersebut ditolak oleh Badan Keamanan Amerika Serikat yang memaksa GM harus melakukan recall yang diperkirakan menyebabkan kerugian sebesar US$ 1,2 miliar atau setara Rp 17 triliun. Administrasi Keselamatan lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) mengatakan, GM harus menarik kembali sebanyak 5,9 juta truk dan SUV lansiran 2007 hingga 2014.

Baca Juga: General Motors Buka Lowongan Kerja Di Pabrik Baterai Miliaran Dolarnya

Pabrikan tersebut telah mengajukan sekuritas menghabiskan biaya Rp 17 triliun jika diminta untuk mengganti inflator airbag yang telah diupayakan agar tidak diperbaiki.

Sebanyak 7 juta kendaraan di seluruh dunia, termasuk 544 ribu unit di Kanada harus ditarik dan sempat ditentang oleh pihak GM karena dianggap tak berbahaya.

Pihak GM mengatakan bahwa penarikan kembali kendaraan ini tidak dijamin berdasarkan catatan faktual dan ilmiah. Pihak GM pun akan mematuhi keputusan NHTSA dan mulai mengambil langkah yang diperlukan.

Recall tersebut melibatkan model kendaraan seperti Cadillac Escalade, Chevrolet Silverado, Chevrolet Suburban, Chevrolet Tahoe, GMC Sierra, GMC Yukon dan kendaraan lainnya dalam kurun produksi selama delapan tahun kebelakang.

Tercatat 18 kematian di Amerika Serikat dikabarkan berasal inflator kantung udara Takata. Hingga saat ini, 15 kematian di AS telah dilaporkan terjadi pada kendaraan Honda, dua di kendaraan Ford, dan satu di BMW sejak 2009.