POPULAR STORIES

Recall Daihatsu Xenia Ditargetkan Mencapai 90 Persen Tahun Ini

Recall Daihatsu Xenia Ditargetkan Mencapai 90 Persen Tahun Ini Daihatsu Xenia. (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) secara resmi mengumumkan recall atau penarikan kembali Daihatsu Xenia karena mengalami kerusakan pada mur shock absorber dan door beam depan kanan. Merupakan program Special Service Campaign, pabrikan meminta pemilik Xenia untuk melakukan pengecekan kendaraan.

Penyebab Recall Daihatsu Xenia

Adapun, Daihatsu Xenia yang terdampak merupakan produksi November 2021 hingga November 2023. Pengecekan dan pengencangan Nut (mur) Shock Absorber depan memakan waktu sekitar 30 menit.

Meski sudah melakukan imbauan kepada pemilik kendaraan, Marketing Director & Corporate Communication Director PT ADM, Sri Agung Handayani mengaku bila mobil yang telah direcall baru 5 persen.

"Untuk Xenia kalau nggak salah yang side impact beam itu 5 persen kalau yang nut shock absorber sekitar 3 persen. Kan ada dua, yang nut (shock absorber) itu 42 ribu (unit) kalau yang side beam itu 1.410 unit," katanya belum lama ini.

Terus melakukan panggilan kepada pemilik kendaraan, Sri Agung menegaskan bila pihaknya mencoba mengingatkan, agar mobil Low MPV tersebut segera melakukan perbaikan di bengkel resmi.

"Tapi yang dikontak tiap hari itu jumlahnya 100 konsumen per hari. Mungkin karena kepotong pemilu kemarin, musim libur juga," ujarnya.

Baca Juga : Daihatsu Xenia Kena Recall, Pemilik Mobil Diminta Datang Ke Bengkel Resmi

Target dan Prosedur Perbaikan Daihatsu Xenia

Pabrikan otomotif asal Jepang itu berharap kampaye recall dapat berjalan cepat sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Terkait target, Sri Agung mengaku, 90 persen Daihatsu Xenia yang terkena recall bisa diperbaiki tahun ini. Hal tersebut berkaca dari kampanye recall untuk Daihatsu Ayla, yang hanya membutuhkan waktu 5 bulan.

"Kemarin Daihatsu Ayla cepat, 98 persen sudah selesai, tidak sampai 5 bulan. Targetnya tahun ini kurang lebih 90 persen (recall Daihatsu Xenia)," tuturnya.

Bagi pemilik mobil yang ingin mengetahui apakah mobilnya masuk dalam recall ini bisa mengunjungi laman resmi Daihatsu atau menghubungi call center 1-500-898.

Baca Juga : Hal Harus Diperhatikan Ketika Memiliki Daihatsu All New Xenia R 1.5 ASA

Pemilik mobil diminta untuk melakukan booking untuk pelayanan servis terlebih dahulu dan datang ke bengkel resmi Daihatsu sesuai waktu yang ditentukan.

Daihatsu telah menyiapkan 170 bengkel resmi di seluruh Indonesia untuk program recall ini. Pemeriksaan mobil tidak dikenakan biaya, pemilik mobil cukup membawa mobil dan buku servis.