POPULAR STORIES

Red Bull Racing Raih Double Podium, Verstappen Puncaki Klasemen

Red Bull Racing Raih Double Podium, Verstappen Puncaki Klasemen

KabarOto.com - Valtteri Bottas (Mercedes-AMG Petronas) memenangkan balapan Formula 1 di Turki yang berlangsung dalam kondisi lembab, dengan Max Verstappen dari Red Bull Racing dan rekan setimnya Sergio Perez meraih podium 2 dan 3.

Hujan ringan membasahi trek sebelum balapan dan saat hujan berhenti, kondisi membutuhkan ban intermediate di sepanjang lintasan. Bottas memulai balapan dengan menempati pole position, sementara rekan setimnya yakni Lewis Hamilton memulai dari posisi ke-11, akibat penalti 10 grid terkait pergantian mesin. Sementara Verstappen berada di belakang Bottas itu.

Pada Lap 11, Hamilton naik ke lima besar setelah melewati Pierre Gasly (AlphaTauri). Sang juara bertahan itu harus berjuang dengan Sergio Perez di lap 38. Verstappen menempel ketat Bottas, sedangkan Hamilton perlahan mulai naik dan meraih posisi 5 berkat penggunaan mesin barunya.

Baca juga: Hasil F1 Turki 2021: Penantian Lama Valtteri Bottas Menang, Hamilton Tergeser Verstappen

Bottas di tempel ketat oleh Verstappen

Semua orang di tim menurut Christian Horner selaku Kepala Tim Red Bull Racing mengatakan, "Orang-orang telah membuat pemulihan yang baik dalam semalam dan memperbaiki beberapa masalah yang perlu diselesaikan. Semua orang telah bekerja maksimal baik di lokasi (Turki), Mobil 1 maupun di pabrik di Milton Keynes, melakukan pekerjaan yang bagus untuk membuat kemajuan yang mereka miliki."

Balapan sepanjang 58 lap di sirkuit Istanbul memang mengundang risiko tinggi, apalagi sejak awal balapan lintasan diguyur hujan. Verstappen dan Perez membuktikan keunggulan terobosan baru pelumas mesin yang dikembangkan oleh Mobil 1 bekerja sama dengan Honda Research & Development dan Red Bull Racing Honda.

Red Bull Racing berada jauh dari kecepatan Mercedes-AMG Petronas kemarin, tetapi menunjukkan tanda-tanda pemulihan dalam kondisi basah di sisi latihan. Saat trek mengering, mereka terlihat seperti mengejar rival mereka tetapi pada akhirnya tidak bisa menandingi kekuatan Mercedes-Benz di sini, dan tidak terbantu oleh apa yang untungnya bukan putaran mahal oleh Verstappen di kualifikasi.

Baca juga: Daftar Juara Dunia Formula 1 Dari 1950 Hingga 2020

Kemenangan ganda di Turki, bukti performa baik dari RB16B

"Balapan adalah tentang mengelola ban, untuk memastikan ban bertahan sampai akhir, yang berarti ini bukan balapan yang paling menyenangkan untuk dilakukan karena Anda selalu ingin melaju lebih kencang. Namun demikian, saya pikir kami memaksimalkan hasil hari ini dan bagus untuk memimpin Kejuaraan Pembalap lagi," ujar Max Verstappen.

Sementra Rommy Averdy Saat selaku Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia mengucapkan selamat dan mengapresiasi atas pencapaian podium Max Verstappen dan Sergio Perez di Turki 2021.

“Merupakan pencapaian luar biasa dari dua pembalap ini, bisa bersama di podium setelah lalui balapan dengan kondisi lintasan diguyur hujan. Bahkan Verstappen sekaligus mengambil alih puncak klasemen sementara pembalap F1 2021. Sejalan dengan kemenangan ini kami mengajak masyarakat Indonesia untuk membuktikan keunggulan produk Mobil 1 dan Mobil pada kendaraan anda," ujar Rommy Averdy.

Baca juga: Memulai Dari Posisi 20, Max Verstappen Akhirnya Raih Podium di Rusia

Verstappen dan Perez membuktikan keunggulan terobosan baru pelumas mesin yang dikembangkan oleh Mobil 1

Balapan berikutnya akan berlangsung di Circuit of the America (COTA), Amerika Serikat pada 24 Oktober mendatang, diharapkan Max dan Sergio bisa kembali menunjukkan pelumas mesin Mobil 1 bekerja optimal di RB16B. Verstappen kini unggul di klasemen Juara Dunia F1 2021 dengan 262,5 poin, sementara Lewis Hamilton mengumpulkan 256,5 poin.

Rommy juga menyampaikan bahwa pelumas yang digunakan oleh tim Red Bull Racing juga tersedia di pasar Indonesia, seperti rangkaian produk pelumas Mobil 1 dan Mobil Super yang tersedia di pasar Indonesia.

Sebagai informasi, tahun ini pelumas Mobil 1 telah hadirkan 3 varian baru yakni Mobil Super All in One Protection, Mobil Super Friction Fighter dan Mobil Super Everyday Protection. Masing-masing memiliki keunggulan, Mobil Super All in One Protection berteknologi full synthetic yang dilengkapi Heat Activated Anti-wear Molecules, Mobil Super Friction Fighter dengan lapisan Friction Fighter Molecules dapat melindungi mesin dari keausan, dan Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules memberikan perlindungan ekstra agar mesin awet untuk jangka panjang.

Klasemen sementara pembalap F1 2021

Posisi

Pembalap

Asal

Tim F1

Poin

1

Max Verstappen

Belanda

Red Bull Racing - Honda

262.5

2

Lewis Hamilton

Inggris

Mercedes-AMG Petronas - Mercedes

256.5

3

Valtteri Bottas

Finlandia

Mercedes-AMG Petronas - Mercedes

177

4

Lando Noris

Inggris

McLaren - Mercedes

145

5

Sergio Perez

Mexico

Red Bull Racing - Honda

135

6

Carlos Sainz

Spanyol

Scuderia Ferrari

116.5

7

Charles Leclrec

Monako

Scuderia Ferrari

116

8

Daniel Ricciardo

Australia

McLaren - Mercedes

95

9

Pierre Gasly

Prancis

AlphaTauri - Honda

74

10

Fernando Alonso

Spanyol

Alpine - Renault

58