Regulasi Dan Foto Detail Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar

Regulasi dan Foto Detail Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar Regulasi dan Foto Detail Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar.

KabarOto.com – Mejeng di Telkomsel IIMS 2019, Mitsubishi Xpander AP4 milik Rifat Sungkar ini menarik perhatian banyak pengunjung, termasuk KabarOto yang penasaran, akan seperti apa ketika sebuah LMPV diajak bertarung di trek tanah.

Pertama mesti kenal dulu nih, kenapa ada inisial AP4 di Mitsubishi Xpander ini. Ternyata, AP4 adalah konsep reli khusus kejuaraan Asia Pasifik. Tujuannya menghidupkan kembali kompetisi reli Group N.

Regulasi ini diinisiasi oleh MotorSport New Zealand (MSNZ) dengan Conference Australia Motor Sport (CAMS) sejak 2015. Tujuannya, agar biaya untuk mengikuti ajang reli tidak terlalu mahal, sekaligus menjaga kesetaraan performa antar-mobil dengan reabilitas lebih lama.

Nah, regulasinya menuntut mobil yang turun telah diproduksi massal selama 12 bulan, bisa setir kiri atau kanan dan setidaknya memiliki 4 kursi.

Baca juga: Ini Penjelasan Rifat Sungkar Mengenai Mitsubishi Xpander AP4 Concept

Regulasi dan Foto Detail Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar

Mesinnya sendiri punya kapasitas maksimal 1.620 cc dengan restrictor turbo 34 mm, disambung ke transmisi manual 5 percepatan. Nah mesinnya sendiri harus sudah diproduksi sebanyak 2.500 unit dalam 12 bulan terakhir, dan bisa mengganti mesin selama masih satu merek.

Lalu beban maksimal mobil 1.230 kg, bobot ini termasuk 1 ban cadangan, tanpa pembalap dan navigator. Tentu harus sudah memakai roll cage sesuai standar FIA, dengan segala perlengkapannya, seperti jok bucket.

Sesuai peruntukkan, unit yang dipajang di booth Mitsubishi sudah pakai ban reli. Pakai pelek Speedline Corse dengan ban Delium ProRally 107 ukuran 205/65R15.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Modifikasi Ini Jadi Mobil Harian Pereli Rifat Sungkar, Intip Yuk!

Interiornya sendiri belum bisa diperlihatkan detail, sebab mobilnya sendiri masih dalam tahap pengembangan. Tapi dilihat sepintas, sepasang jok bucket OMP bertugas menjaga badan tetap aman dan nyaman kala berlaga, plus sudah ada roll cage.

Regulasi dan Foto Detail Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar

Lebih menarik lagi ketika melihat regulasi soal mesin. Sebab diyakini mesin 4A91 berkapasitas 1.499 cc, dengan output tenaga 103 dk enggak bakal lagi dipakai. Nah kalau intip di luar negeri, Mitsubishi sendiri punya Mirage versi reli yang turun di kelas R5.

Dari sananya, mesin R5 ini dibangun dari keluarga 4B11, yang dipakai Mitsubishi Evolution X. Punya kapasitas 1.620 cc, sesuai regulasi AP4, dengan turbo Garret 32 mm, belum melebihi regulasi yang dibatasi 34 mm.

Serunya lagi adalah tenaganya yang kini mencapai 280 dk dengan torsi 450 Nm, plus dilengkapi sistem penggerak all wheel drive!

Wahh, jadi enggak sabar tunggu Xpander ini jadi kan.

Baca juga: X-MOC Unjuk Gigi 6 Xpander Modifikasinya, Bisa Jadi Inspirasi, Lho !