Ini Penjelasan Rifat Sungkar Mengenai Mitsubishi Xpander AP4 Concept

Ini Penjelasan Rifat Sungkar Mengenai Mitsubishi Xpander AP4 Concept Mitsubishi Xpander AP4 Concept

KabarOto.com - Sesuatu yang berbeda dibawa Mitsubishi dalam keikutsertaannya di ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (TIIMS) 2019 yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran Jakarta, mulai tanggal 25 April-5 Mei 2019 dengan membawa satu unit Mitsubishi Xpander AP4 Concept.

Xpander AP4 Concept merupakan sebuah konsep Xpander versi balap dan direncanakan bakal berlaga di kejuaraan balap AP4 yang merupakan kelas yang dilombakan dalam World Rally Championship region Asia Pasific. Namanya merupakan akronim dari Asia-Pasific-4 Wheel Drive.

AP4 saat ini diikuti mobil-mobil berjenis compact car. Kebanyakan berbentuk sedan maupun hatchback. Tak satupun yang berformat SUV, apalagi MPV. Ketika ditanya alasan memilih Xpander sebagai basis pengembangan AP4, alasannya ternyata cukup mulia.

Baca juga: Sejarah Baru, Mitsubishi Outlander PHEV Capai Penjualan 200.000 Unit

Mitsubishi Xpander AP4 Concept sendiri merupakan hasil racikan pembalap Rifat Sungkar bersama dengan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI).

Rifat Sungkar mengungkapkan, "Saya merasa beruntung bisa terlibat dalam proses perancangan Xpander AP4 Concept. Sejak pertama kali merasakan pertama kali mobil ini di Jepang, Xpander memiliki DNA yang bagus untuk menjadi platform mobil balap dan terjun di kejuaraan," ujarnya.

Selain itu, Rifat pun menjelaskan, Xpander memiliki weight balance yang sangat baik antara depan dan belakang. Basis ini membuatnya punya pengendalian yang bagus. Alasan itu membuatnya makin yakin untuk memodifikasi Xpander.

Mitsubishi Xpander AP4 Concept

“Ada beberapa regulasi yang harus kami ikuti untuk mengembangkan Xpander AP4. Bobot, mesin, suspensi serta sistem penggerak, haruslah sesuai dengan aturan reli AP4,” jelas Rifat Sungkar, selaku Brand Ambasaddor.

Pemasangan rollbar, jok yang sesuai standar reli, hingga aneka suplemen peningkat performa dan keamanan, dipadankan. Kaca, nantinya diganti material akrilik yang lebih ringan, dan bodi tentunya direinforce.

Adapun kaki-kaki, sistem penggerak, menggunakan peranti yang disuplai oleh penyelenggara kelas. Stroke suspensi, pilihan skema gerak hingga transmisi, tidak beda antara mobil-mobil AP4 lain, dengan Xpander.

"Untuk merancangnya membutuhkan waktu, jadi mobil versi nyatanya, baru bisa dilihat di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019," jelasnya.

Terkait jantung mekanisnya, suami dari Sissy Priscillia itu masih enggan untuk membeberkan secara rinci. Namun Ia memastikan bahwa ada beberapa opsi penunjang tenaga yang mungkin digunakan.

"Pertama mesin standar Xpander yang ditingkatkan kapasitasnya menjadi 1,6 liter dan berimbuh turbo. Kedua, mesin Eclipse Cross, Crossover anyar Mitsubishi yang dalam kondisi standarnya sudah menggunakan turbo. Ketiga, mesin EVO berkubikasi 2,0 liter yang diperkecil kapasitasnya. Targetnya tenaga sekitar 300 dk," beber Rifat.

Mitsubishi Xpander AP4 Concept

Baca juga: Mitsubishi Hadirkan Xpander Limited Edition Di Telkomsel IIMS 2019

Terkait konsep AP4, Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI menyatakan, modifikasi yang dilakukan terhadap Xpander AP4 Concept ini juga diharapkan bisa menjadi pemacu para pehobi motorsport dan modifikasi untuk melakukan personalisasi terhadap mobil Xpander milik mereka dengan biaya minimal
untuk hasil maksimal.

Ini karena Xpander sejak awal dikembangkan dengan keunggulan desain atraktif, fitur fungsional, ruang kabin yang lapang dan nyaman serta keamanan berkendara.

Unit display spesial Xpander AP4 Concept dimodifikasi secara minimal dari model Xpander dengan kamuflase decal, aksesoris sporty, juga logo Xpander sendiri. Tampilan sebenarnya dari Xpander AP4 Concept akan diperkenalkan oleh Mitsubishi pada perhelatan GIIAS 2019 bulan Juli mendatang.