POPULAR STORIES

Rekayasa Lalu Lintas Mudik Berlaku Mulai Besok, Pelanggar Akan Kena Tilang

Rekayasa Lalu Lintas Mudik Berlaku Mulai Besok, Pelanggar Akan Kena Tilang Ilustrasi penerapan ganjil-genap. Foto : Korlantas Polri

KabarOto.com - Hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan bersama Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Raden Slamet Santoso menegaskan bila pihaknya siap melakukan pengamanan Idul Fitri 1445 H.

Jadwal Rekayasa Lalu Lintas untuk Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024

Dalam keterangan resminya, Aan Suhanan menjelaskan, pemberlakuakan rekayasa lalu lintas saat arus mudik akan diterapkan mulai 5 hingga 9 April 2024. Sedangkan rekayasa arus balik akan mulai dilakukan pada 12 hingga 16 April 2024.

“Jadi penerapannya mulai tanggal 5 April jam 14.00 WIB sesuai dengan SKB sampai dengan tanggal 9 April pada saat arus mudik. Arus balik juga sama dari Km 414 sampai dengan Km 0 tol Jakarta-Cikampek berlaku rekayasa lalu lintas mulai tanggal 12 April sampai 16 April,” jelas Irjen Pol. Aan.

Ganjil genap mudik 2024

Langkah Pengawasan dan Penindakan Pelanggaran Ganjil-Genap

Lebih lanjut, Kakorlantas mengatakan bila pihaknya tidak akan menghentikan atau meminta pelanggar ganjil-genap berputar balik. Meski demikian, pelanggar ganjil genap akan ditindak dengan tilang elektronik melalui kamera ETLE.

Baca Juga : Sebelum Digunakan, Begini Cara Mengecek Ban Serep Untuk Persiapan Mudik Lebaran

“Kita tidak melakukan putar balik kita tidak melakukan penghentian artinya terus namun pengawasannya akan kita lakukan kamera ETLE. Untuk masyarakat yang melanggar itu ada sanksi, kita menggunakan ETLE nanti setelah tanggal libur, pelanggar akan dapat surat konfirmasi ke alamat sesuai STNK,” tuturnya.

Helikopter Sebagai Ambulans Udara

Selain itu, Polri juga menyiagakan helikopter saat arus mudik dan arus balik lebaran 2024. Nantinya, helikopter akan berfungsi sebagai ambulans udara dan menjemput pemudik yang membutuhkan pertolongan untuk segera dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Baca Juga : Bengkel Siaga Astra Peugeot Kawal Pemudik Lebaran Idul Fitri 2024

“Kita juga akan mempersiapkan ambulan udara untuk mempercepat evakuasi apabila terjadi kecelakaan yang fatalitasnya tinggi ambulan berupa helikopter kita sudah koordinasi dengan rumah sakit rujukan,” tutupnya.