POPULAR STORIES

Reli Dakar 2023 Miliki Rute Lebih Panjang

Reli Dakar 2023 Miliki Rute Lebih Panjang Reli Dakar 2022 (foto : Reli Dakar)

KabarOto.com – Amaury Sport Organisation (ASO) selaku penyelenggara Reli Dakar akan menambah Etape untuk musim 2023.

Ajang balap ekstrim yang ke-45 ini akan kembali berlangsung di Arab Saudi. Reli Dakar 2023 akan dibuka dengan prologue singkat di tepi Laut Merah pada 31 Desember. Program ini bertujuan untuk menentukan urutan start para pereli.

Baca Juga : Yamaha Mundur Dari Reli Dakar Dan Lintas Dunia

Setelah itu, Reli Dakar 2023 akan berlangsung dari 1 hingga 15 Januari mendatang. Balapan ini terdiri dari 14 etape. Pihak penyelenggara sendiri belum merilis rute penuh, tetapi setiap Etape akan berkisar dari 350 km hingga 500 km dan mencakup trek baru.

Selain itu, adanya perubahan regulasi akan mempengaruhi pada peserta di seluruh kelas. Roadbook digital akan diserahkan untuk kelas motor.

Baca Juga : Ini Prestasi Danilo Petrucci Di Reli Dakar 2022

Pihak ASO juga menegaskan tidak ada bagian netral bagi peserta pada sub-divisi T1 dan T2 untuk kategori mobil. Jadi, semua pereli harus melahap setiap Etape tanpa istirahat. Tantangan terkait navigasi tentu semakin besar. Di Etape tertentu, peserta harus menemukan titik-titik pada dua lokasi berbeda.

Adapun, mobil dan truk akan memulai balapan pada berdasarkan urutan klasemen keseluruhan pada hari sebelumnya. Hal ini merupakan terobosan baru, di mana biasanya posisi start ditentukan dari hasil Etape sebelumnya.