POPULAR STORIES

Renault 5 Electric Akan Meluncur Pada 2024 Mendatang

Renault 5 Electric Akan Meluncur Pada 2024 Mendatang Purwarupa Renault 5 Electric (foto : Renault)

KabarOto.com – Pabrikan mobil asal Prancis, Renault, membocorkan akan meluncurkan mobil listrik kecil untuk perkotaan pada 2024 mendatang yaitu, Renault 5 Electric.

Sebelumnya, pada 2021 lalu pihak pabrikan pernah memamerkan sebuah konsep mobil listrik kecil. Akhirnya, mobil tersebut akan hadir pada 2024 mendatang dengan nama Renault 5 Electric.

Baca Juga : All-New Renault Espace 2023 Meluncur, Kini Menjadi SUV Hybrid

Renault 5 Electric menggunakan platform CMF-B

Renault 5 atau biasa disebut sebagai R5 ini dibangun dengan platform CMF-B dan meminjam hingga 70 persen suku cadang dari Clio dan Captur. Menurut pihak Renault, beberapa part dari kedua mobil tersebut dapat memangkas biaya produksi hingga 30 persen dibandingkan dengan Renault Zoe.

Satu perbedaan utama antara Zoe dan R5 ini yaitu penggunaan modul baterai, karena R5 memiliki modul besar yang disusun dalam satu lapisan. Sedangkan untuk Zoe menggunakan 12 modul yang lebih kecil. Dengan melakukan hal tersebut, para insiyur dapat mengurangi bobot mobil hingga 15 kg.

Modul baterai R5 diklaim lebih ringan hingga 15 kg

Baca Juga : Resmi Meluncur Di Indonesia, All New Renault Megane E-Tech Dibanderol Rp1,375 Miliar

Pihak Renault juga menjanjikan lebih banyak kepadatan energi dan meningkatkan kekakuan bagian bawah bodi mobil, dengan mengintegrasikan baterai. Alhasil, dengan lantai yang lebih besar akan mengurangi tingkat kebisingan, getaran, dan kekerasan.

Pada bagian kaki-kaki, R5 dibekali suspensi belakang independent. Sehingga, mobil listrik kecil ini lebih lincah. Sayangnya, pihak pabrikan berlogo berlian itu belum mengungkapkan soal tenaga dari mobil ini. Tetapi, menurut beberapa bocoran bahwa R5 akan menggunakan motor listrik dengan teknologi dari Megane E-Tech Electric.