POPULAR STORIES

Resmi Beroperasi, Terminal Pondok Cabe Layani Dalkot, Bandara Sampai AKAP

Resmi Beroperasi, Terminal Pondok Cabe Layani Dalkot, Bandara Sampai AKAP “Dengan dioperasikan Terminal Tipe A Pondok Cabe ini, layanan angkutan umum massal dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Di tahun 2019 terminal ini bisa beroperasi optimal maksimal, optimal dan

KabarOto.com - Terminal tipe A Pondok Cabe, Tangerang Selatan resmi beroperasi sejak Senin, 31 Desember 2018. Peresmian dilakukan oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono.

“Dengan dioperasikan Terminal Tipe A Pondok Cabe ini, layanan angkutan umum massal dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Pada 2019 ini, terminal dapat beroperasi optimal maksimal, optimal dan dengan sistem e-ticketing,” ucap Bambang Prihartono.

Peresmian ini juga merupakan bagian dari upaya BPTJ, dalam memanfaatkan sarana fasilitas angkutan umum demi kenyamanan penumpang, sehingga terjadinya perpindahan pola pergerakan penumpang dari angkutan pribadi ke angkutan umum massal.

“Dengan kemudahan ini, harapannya orang yang selama ini bepergian menggunakan mobil pribadi, akan beralih memilih angkutan umum karena volume kendaraan pribadi saat ini sudah cukup signifikan. Oleh karena itu, kami hadir untuk mengubah lifestyle masyarakat,” tuturnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, selain menyediakan 33 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang melayani rute Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, di terminal ini juga tersedia angkutan bus Damri yang siap melayani masyarakat yang hendak bepergian menuju Bandara Soekarno-Hatta, Senen dan Tanah Abang.

Baca Juga: Keren, Mercedes-Benz Rilis 2 Bus Teranyar Di Tangerang

“Masyarakat Tangerang Selatan kini tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi jika ingin bepergian menuju Bandara Soekarno-Hatta. Karena sudah ada 8 unit armada bus JA Connexion dengan operator Damri melayani dari Terminal Pondok Cabe,” tukasnya.

Selain itu, Terminal Pondok Cabe bersama Perum PPD juga menyediakan 10 unit bus rute Pondok Cabe-Tanah Abang dan Pondok Cabe-Senen dengan layanan Transjabodetabek premium.

“Ini semua bus premium, dengan berbagai fasilitas lengkap yang siap memanjakan penumpang dan pembayaran e-ticketing,” kata Dirut Perum PPD Pande Putu Yasa.

Kemudian, dipersiapkan juga layanan Transjabodetabek reguler yang melayani warga dari Terminal Pondok Cabe menuju Pasar Senen, Terminal Pondok Cabe – Kampung Rambutan, Terminal Pondok Cabe – Kuningan dan Terminal Pondok Cabe – Tosari/Bundaran HI.

Untuk Transjabodetabek reguler dengan operator Mayasari Bakti akan melayani Pondok Cabe menuju Bekasi, Ciawi, dan Cikarang dengan armada masing-masing 5 unit bus.

Terminal Pondok Cabe sendiri memiliki luas keseluruhan mencapai kurang lebih 25.995 meter persegi. Terdiri dari bangunan utama seluas 2.500 m2, terminal angkutan dalam kota seluas 1.125 m2, terminal bus antar kota dengan luas 2.500 m2 ditambah 2.870 m2 serta 1.800 m2.