POPULAR STORIES

Resmi! CryptoDATA Gantikan Sponsor Utama RNF Mulai MotoGP 2023

Resmi! CryptoDATA Gantikan Sponsor Utama RNF Mulai MotoGP 2023 Darryn Binder pembalap tim WithU RNF Yamaha (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Memulai musim depan bersama Aprilia, RNF nantinya akan memiliki sponsor utama baru yaitu perusahaan keamanan IT, CryptoDATA mulai musim 2023.

CryptoDATA Tech merupakan perusahaan yang berbasis di Rumania, mengembangkan solusi perangkat keras dan perangkat lunak untuk keamanan IT berdasarkan teknologi blockchain. Perusahaan ini juga bergerak di uang digital.

Baca juga: Yamaha Ungkap Kelemahan Di MotoGP 2022

Sebelumnya, tim besutan Razlan Razali itu telah kehilangan sponsor utama dua kali dalam 13 bulan. Sejak GP Australia lalu, CryptoDATA Tech telah menjadi co-sponsor dalam RNF Yamaha. Melalui mediasi Dorna bersama Razali, melakukan kontak dengan manajer CryptoDATA pada September lalu telah menemui kesepakatan.

Razlan Razalli cepat mencari sponsor baru untuk musim depan

Mulai GP Valencia, perusahaan ini akan menjadi sponsor utama dan menggantikan WithU untuk musim depan bersama Aprilia dan dua pembalap anyar mereka yaitu Miguel Oliveira dan Raul Fernandez.

Tetapi, tim satelit itu tidak dapat menggunakan livery baru dan motor Aprilia pada sesi tes Valencia pada 8 November mendatang. Pasalnya, mereka masih terikat kontrak bersama Yamaha hingga akhir musim 2022 ini.

Pada awal musim 2022 lalu, Razali dengan cepat menemukan sponsor utama yaitu perusahaan energi asal Italia, WithU dan kontrak dengan bos perusahaan Matteo Ballarin disegel selama 3 tahun. Menurut kesepakatan, Andrea Dovizioso harus menyelesaikan Kejuaraan Dunia di 3 besar atau setidaknya 5 besar dengan kontrak pabrikan Yamaha dan motor 2022.

Baca juga: Resmi! Repsol Perpanjang Kontrak Tim Pabrikan Honda Hingga MotoGP 2024

Performa Andrea Dovizioso mengecewakan sepanjang musim 2022

Tetapi, sayangnya pembalap berusia 36 tahun itu tampil sangat mengecewakan dan memutuskan pensiun dini usai GP San Marino lalu. Selain itu, pihak WithU juga mengalami masalah keuangan pada bulan April akibat krisis energi. Karena perusahaan energi tersebut tidak dapat menghasilkan listrik di dataran Eropa, dia pun menjualnya dan pihak Pemerintahaan di seluruh Eropa harus menyelamatkannya dengan miliaran euro dalam pembiayaan sementara.

Oleh karena itu, pada bulan September WithU memutuskan untuk keluar dari tim RNF pada akhir musim. Soal kontrak 3 tahun sedang dibicarakan lebih lanjut agar memiliki solusi jalan keluar yang lebih baik.