POPULAR STORIES

Resmi, F1 Tolak Andretti Masuk Musim 2025

Resmi, F1 Tolak Andretti Masuk Musim 2025 Foto : Andretti Autosport.

KabarOto.com - Secara resmi Formula 1 telah menolak Andretti Global untuk mengikuti kejuaraan mulai tahun 2025 mendatang, karena menyimpulkan bahwa mereka tidak memenuhi kriteria untuk menjadi tim ke-11.

Sebelumnya Andretti dikabarkan menjadi kandidat kuat jadi tim ke-11 di F1 pada musim 2025, bahkan mereka menggandeng GM dan Cadillac untuk bekerja sama. Namun memang banyak terutama dari tim lain yang tidak ingin ada tim ke-11.

Andretti di kejuaraan Formula E.

Baca Juga : Semua Tim F1 Sudah Konfirmasi Tanggal Perilisan Mobil, Ini Daftarnya!

Alasan yang cukup membingungkan pun tertuang dalam pernyataan resmi penolakan dari F1. Sebab F1 mengatakan bahwa Andretti dikatakan tidak akan kompetitif di F1, dan tidak membawa nilai apapun bagi kejuaraan atau sisi bisnis.

Padahal kedatangan Andretti seharusnya bisa meningkatkan antusiasme penggemar di Amerika Serikat, ditambah F1 juga mengadakan 3 kali seri dalam satu musim di negeri Paman Sam.

Baca Juga : Lando Norris Perpanjang Kontrak Dengan McLaren

“Proses penilaian kami menetapkan bahwa kehadiran tim ke-11 tidak akan memberikan nilai bagi Kejuaraan dengan sendirinya. Cara paling signifikan bagi pendatang baru untuk memberikan nilai adalah dengan menjadi kompetitif. Kami tidak percaya bahwa Pemohon (Andretti) akan menjadi peserta yang kompetitif,” bunyi pernyataannya.

Menanggapi pernyataan ini tentunya Mario Andretti selaku pemilik sekaligus mantan juara F1 tahun 1978, menyatakan kekecewaannya. "Saya sangat terpukul. Saya tidak akan mengatakan apapun lagi karena saya tidak dapat menemukan kata lain selain hancur,” tulisnya di jejaring sosial media.