Resmi! Kazakhstan Masuk Kalender MotoGP 2023

Resmi! Kazakhstan Masuk Kalender MotoGP 2023 Sokol International Racetrack, Kazakhstan (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Kazakhstan menjadi negara baru dalam kalender MotoGP musim depan, tepatnya 2023. Sokol International Racetrack dipilih sebagai tempat penyelenggaraan balap motor kelas dunia itu.

Sebelumnya, India juga mengumumkan siap untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Dorna Sports sebagai pemegang hak komersia MotoGP terus memperbanyak seri di benua Asia.

Baca Juga : Resmi! Danilo Petrucci Gantikan Joan Mir Di MotoGP Thailand 2022

Dorna dalam keterangan resminya menjelaskan, kejuaraan Dunia FIM MotoGP akan datang ke Kazakhstan tahun 2023. Ini menandai dimulainya kontrak lima tahun untuk melihat MotoGP di wilayah baru dunia. "Sokol International Racetrack tempat yang menakjubkan untuk bergabung dalam kalender,” tulis Dorna.

Sirkuit ini berlokasi di luar kota Almaty, Sokol alias kota terbesar di Kazakshtan. Sirkuit Sokol memiliki panjang sekitar 4,495 meter dan lebar 15 meter.

Dirancang oleh desainer ternama Hermann Tilke. Trek ini diklaim dapat menggelar ajang balap lain, seperti World Superbike (WSBK), DTM, WTCC.

Sirkuit ini akan didukung oleh sistem elektronik canggih, dipasok dari Al Kamel System, agar Sokol dapat menyelenggarakan berbagai ajang balap, dengan dukungan infrastruktur teknologi yang mumpuni.

Baca Juga : Resmi! Remy Gardner Gabung GRT Yamaha WSBK Mulai Musim 2023

Sedikit sejarah, pembangunan sirkuit ini sudah dimulai sejak 2012. Tahap pertama selesai bagian drag strip dan sirkuit karting. Lalu, sirkuit utama baru dimulai beriringan dengan pembangunan pit building, mencakup hotel dengan 44 kamar.

Pekerjaan sempat terhambat pada 2019 dan 2020 saat Pandemic Covid-19. Meski begitu, pengelolaan tetap menjalankan untuk menyelesaikan sirkuit ini.

Berita Terkait

Berita Terkait