POPULAR STORIES

Ini Sebabnya Toyota RAV4 Prime Punya Tenaga Lebih Besar

Ini Sebabnya Toyota RAV4 Prime Punya Tenaga Lebih Besar Toyota RAV4 Prime

KabarOto.com - Toyota RAV4 generasi kelima, yang beredar di pasaran selama hampir satu tahun, saat ini punya tambahan model baru. Hal itu terlihat saat Toyota meluncurkan RAV4 Prime di Los Angeles Auto Show 2019.

Sepanjang pameran yang berlangsung mulai 22 November hingga 1 Desember tersebut, Toyota memperkenalkan RAV4 Prime sebagai SUV dengan model yang agresif dan dinamis. Model anyar ini juga diklaim sebagai RAV4 terkuat yang pernah ada.

Baca Juga: Mazda2 Terbaru, Hadir Dengan Sejumlah Peningkatan Fitur

Menariknya, Toyota RAV4 Prime merupakan model plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Meski memiliki teknologi hybrid, namun ia menggunakan mesin yang berbeda dengan RAV4 Hybrid. Tenaganya pun lebih besar 83 dk.

Dapat berjalan dalam mode full listrik

Mesin bensin RAV4 Prime, memiliki tenaga maksimum di angka 176 dk. Namun dengan bantuan motor listrik, ia memiliki tambahan tenaga hingga mencapai 302 dk. Bermodal tenaga cukup besar itu, membuat RAV4 Prime dapat melesat dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 5,8 detik.

Meski menggunakan baterai Lithium-Ion yang kapasitasnya lebih besar dari versi hybrid, namun ruang interior RAV4 Prime tidak lantas menjadi sempit.

"Karena dipasang di bawah lantai. Posisi pemasangan juga memberi RAV4 Prime pusat gravitasi yang lebih rendah dan peningkatan stabilitas berkendara," tulis Toyota dalam keterangan resminya.

Bagian belakang terlihat sporty

Tak kalah menarik, RAV4 Prime memiliki jarak tempuh hingga 62 km saat hanya menggunakan mode electric vehicle, sehingga menjadikannya sebagai model PHEV dengan jarak tempuh paling jauh.

RAV4 Prime menggunakan Electronic On-Demand All-Wheel Drive (AWD) di mana motor listrik dipasang terpisah di belakang. Sistem AWD ini juga diklaim bakal mengurangi understeer saat menikung, untuk meningkatkan stabilitas kemudi.

Baca Juga: Pabrik Di Purwakarta Tak Lagi Produksi, Datsun "Lempar Handuk"?

"Mode Trail yang dapat dipilih oleh pengemudi, memungkinkan untuk melepaskan diri dari jebakan lumpur dengan mengerem roda yang berputar dan mengirimkan torsi ke roda yang masih memiliki grip," jelas Toyota.

Resmi meluncur di LA Auto Show 2019

Rencananya, pabrikan asal Jepang itu berencana mengirimkan RAV4 Prime ke pelanggan pada musim panas tahun depan. Sayang Toyota belum merilis secara resmi berapa harga yang ditawarkan.