POPULAR STORIES

Resmi! Sirkuit Sepang Perpanjang Kontrak Hingga MotoGP 2024

Resmi! Sirkuit Sepang Perpanjang Kontrak Hingga MotoGP 2024 Pembalap tim KTM di sirkuit Sepang. Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Seri Grand Prix Malaysia akan terus digelar di Sepang Intenational Circuit (SIC) selama tiga musim ke depan usai perpanjang kontrak dengan Dorna Sports.

Sepang telah masuk kalender MotoGP sejak musim 1999 silam, saat kejuaraan ini masih memperlombakan kelas 500cc. Sirkuit sepanjang 5,5 km ini memiliki dua lurusan panjang, dipadu dengan kombinasi tikungan yang kontras dan kompleks tribun utama. Layout tersebut menjadi ikon balap motor selama lebih dari dua dekade.

Baca Juga : Perangkat Front Ride Height Resmi Dilarang Mulai MotoGP 2023

Sirkuit yang berlokasi di Selangor ini juga menjadi saksi saat Valentino Rossi mengklaim titel kesembilan pada 2009 dan kesuksesan Jorge Lorenzo menjadi kampiun musim 2010. Tetapi, Sirkuit ini juga pernah menelan korban seperti Marco Simoncelli pada 2011 dan kecelakaan Afridza Munanda dalam ajang ATC 2019.

Terlepas dari kisah suka dan duka, Sirkuit Sepang tidak bisa lepas dari MotoGP. Pada Rabu (23/3) lalu, pihak Dorna Sports resmi mengumumkan bahwa Sepang akan menjadi tuan rumah GP Malaysia sepanjang tiga tahun ke depan.

“Setelah membuktikan bisa kembali ke Malaysia untuk tes pramusim tahun ini, kami tidak bisa lebih bersemangat untuk kembali dan balapan. Kami semua menantikan Grand Prix Malaysia dan melihat penggemar kami di Malaysia dalam musim-musim mendatang. Kami juga sangat bangga menjalin kemitraan dengan Petronas, merek yang identik dengan keunggulan dan kesuksesan, dan duta besar yang fantastis untuk Malaysia di panggung dunia,” ungkap Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports.

Baca Juga : Bagaimana Bisa Pembalap MotoGP Menikung Tajam Di Trek Basah Tanpa Terjatuh?

Adapun, kesepakatan yang ditandatangani sebelumnya berakhir pada 2021. Kontrak baru ini meliputi musim 2022, 2023 serta 2024. Selain itu, diumumkan pula kerja sama kemitraan baru antara Dorna Sports dengan Petronas. Dengan kontrak baru itu, eventnya akan bertajuk Petronas Grand Prix of Malaysia yang akan diselenggarakan 23 Oktober mendatang. Perusahaan minyak milik Negeri Jiran itu juga merupakan pemasok tunggal bahan bakar kelas Moto2 dan Moto3.

“Dengan senang hati saya menginformasikan bahwa kami telah menyelesaikan negosiasi pertama saya tentang perpanjangan kontrak dengan Dorna Sports sebagai Chief Executive Officer Sirkuit Internasional Sepang, dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah memungkinkan hal ini. Sesuai dengan tema #WelcomeHome kami, tahun ini adalah tentang kebangkitan motorsport internasional dengan penawaran yang lebih unik kepada para penggemar,” ungkap Azhan Shafriman Hanif selaku CEO Sirkuit Sepang.