POPULAR STORIES

Rest Area Di Cipali Akan Siapkan Charging Station Untuk Mobil Listrik

Rest Area di Cipali akan Siapkan Charging Station untuk Mobil Listrik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

KabarOto.com - Mobil listrik adalah kendaraan ramah lingkungan yang sedang dikembangkan oleh berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Mobil listrik selain ramah lingkungan juga dinilai lebih murah, karena tidak perlu lagi mengisi bahan bakar minyak. Perawatannya juga lebih mudah, tidak banyak komponen seperti mobil konvensional.

Mobil listrik penggeraknya didukung dengan baterai, yang dapat diisi jika sudah habis. Baterai mobil listrik rata-rata mampu menempuh jarak 250 sampai 400 km dalam satu kali pengisian. Namun merek Tesla, diklaim mampu menempuh jarak 595 Km.

Baca Juga: Berikut Daftar Tol Trans Sumatera, Kalimantan, Dan Sulawesi Yang Beroperasi Saat Libur Nataru 2021

Rest Area Cipali

Lalu bagaimana kesiapan charging station di Indonesia, menghadapi era mobil listrik?

Apakah nantinya di ruas jalan tol seperti Cipali menyiapkan charging station untuk memenuhi kebutuhan pengguna mobil listrik?

Justinus Wisnu Dewanto, Consession Monitoring, Compliance & EHS Astra Tol Cipali mengatakan, pihaknya saat ini memiliki colokan listrik di area luar. Namun itu disiapkan bukan untuk kendaraan listrik. Wisnu meyakinkan sementara ini bisa dimanfaatkan.

Wisnu menambahkan, mereka selaku pengelola bisa saja persiapkan Charging station di rest area tol. Untuk mengakomodasi pengguna mobil listrik yang melakukan perjalanan panjang, tapi tidak dalam waktu dekat.

Baca Juga: Libur Nataru 2021, Tol Di Pulau Jawa Siap Dukung Mobilitas

"Terpikirkan memang siapkan charging station mobil listrik, tapi belum dalam waktu dekat," terangnya. Wisnu pun mengaku, perusahaannya saat ini terus melakukan koordinasi dengan grup Astra Otomotif, terkait pengembangan mobil listrik.