Libur Nataru 2021, Tol Di Pulau Jawa Siap Dukung Mobilitas

Libur Nataru 2021, Tol di Pulau Jawa Siap Dukung Mobilitas

KabarOto.com - Tak terasa 2020 hampir usai dan kini sudah memasuki penghujung tahun. Saat Desember suasana biasanya berubah karena sebagian menyiapkan perayaak Natal serta menyambut Tahun Baru.

Walau nampak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena wabah Covid-19, pemerintah tetap menyiapkan infrastruktur untuk mobilitas masyarakat.

Saat Rapat Kerja (Raker) terkait kesiapan penanganan Nataru, dijelaskan bahwa Jalan Tol di Trans Jawa sudah beroperasi sepanjang 1.118 km, termasuk Tol Jakarta - Cikampek II Elevated yang diresmikan akhir 2019. Jalan Tol tersebut telah siap digunakan untuk menunjang mobilitas.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Serpong - Cinere Terus Dikebut Dukung Libur Nataru

"Jalan Tol Trans Jawa dilengkapi dengan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area sebanyak 99 buah dengan rincian 55 TIP A, 36 TIP B, dan 8 TIP C," kata Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo.

Jika dilihat rinciannya, total ruas jalan nasional yang siap digunakan saat libur Nataru yaitu sepanjang 12.986 km. Belasan ribu kilometer itu terdiri dari Lintas Utara Jawa sepanjang 1.341 km, Lintas Tengah Jawa 1.19 km, Lintas Selatan Jawa sepanjang 888 km, dan Pantai Selatan Jawa 1.642 km.

Baca Juga: Tol BORR Simpang Yasmin - Simpang Semplak Ditargetkan Bisa Beroperasi Akhir 2020

Sepanjang 2020 walau di tengah pandemi ada beberapa ruas tol yang berhasil diselesaikan dan diresmikan. Terhitung enam ruas tol di Pulau Jawa diresmikan tahun ini antara lain, sebagai berikut:

1. Ruas tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin – Kayu Manis)
2. Ruas tol Cimanggis – Cibitung Seksi 1A (Cimanggis – Jatikarya)
3. Ruas tol Krian – Legundi – Bunder - Manyar Seksi 1, 2, dan 3
4. Ruas tol Cinere – Serpong Seksi 1 (SS Serpong – SS Pamulang)
5. Ruas tol Cengkareng - Kunciran, Cibitung-Cilincing Seksi 1 (cibitung-Gabus Indah)
6. Ruas tol Bekasi - Cawang Kampung Melayu Seksi 1A (Koneksi Toll to Toll Wiyoto Wiyono + On Ramp Pasar Gembrong) & 2A(Jaka Sampurna – Kayuringin)