Berikut Daftar Tol Trans Sumatera, Kalimantan, Dan Sulawesi Yang Beroperasi Saat Libur Nataru 2021

Berikut Daftar Tol Trans Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang Beroperasi Saat Libur Nataru 2021

KabarOto.com - Sudah di penghujung 2020 walau di tengah pandemi nampaknya tak menyurutkan keinginan untuk berlibur. Kini bepergian melalui darat sudah semakin nyaman dan mudah dengan adanya jalan tol yang terus dibangun oleh pemerintah. Selain kenyamanan, perjalanan juga lebih cepat berbanding dengan melalui jalan arteri.

Tak hanya di Pulau Jawa, Luar Pulau Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi turut dilakukan pembangunan infrastruktur. Ada sebagian jalan tol yang sudah beroperasi dan bisa digunakan oleh masyarakat, namun ada beberapa pula yang akan diresmikan pada akhir tahun.

Baca Juga: Sambut Nataru, Fasilitas Di 9 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Dipersiapkan Maksimal

Dukung libur Nataru 2021, berikut daftar jalan tol yang bisa digunakan untuk menunjang perjalanan Sobat KabarOto di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi:

Sumatera
1. Ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar
2. Ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung
3. Ruas tol Kayu Agung – Palembang – Betung
4. Ruas tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi
5. Ruas tol Belawan – Medan – Tanjung Morawa
6. Ruas tol Palembang – Indralaya
7. Ruas tol Pekanbaru – Dumai
8. Ruas tol Medan – Binjai
9. Ruas tol Sigli – Banda Aceh (Seksi 4 Indrapura – Blang Bintang)

Baca Juga: Tol Layang Andi Pangeran Makassar Segera Diresmikan Dan Beroperasi

Kalimantan dan Sulawesi
1. Ruas tol Balikpapan – Samarinda Seksi 2 – 4 (Samboja – Samarinda)
2. Ruas tol Manado – Bitung Seksi 1 – 2A (Airmadidi – Danowudu)
3. Ruas tol Ujung Pandang/Makassar Seksi 1,2, dan 4
4. Ruas tol Bali – Mandara

"Jalan Tol Trans Sumatera tersebut dilengkapi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) berjumlah 41 buah terbagi menjadi 25 TIP A, 8 TIP B, dan 8 TIP C," jelas Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo.

Persebaran rest area atau TIP antara lain 12 rest area di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, 9 rest area di Ruas Terbanggi – Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, 2 rest area di Ruas Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi, 4 rest area di Ruas Palembang – Indralaya, 4 rest area di Ruas Medan – Binjai, dan 10 rest area di Ruas Pekanbaru – Dumai.

Baca Juga: Walau Gratis Lalulintas Harian Rata-rata Jalan Tol Manado-Bitung Rendah, Ini Sebabnya

Adapun tol yang akan diresmikan pada akhir 2020 di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Di Sumatera ada dua ruas yang dipersiapkan yaitu Kayu Agung - Palembang - Betung Seksi 1B (Jakabaring - SS Kramasan) dan ruas tol Medan - Binjai Seksi 1 (Jalan Veteran - Tanjung Mulia).

Sementara itu, dua ruas tol baru yang siap beroperasi di Kalimantan dan Sulawesi adalah ruas tol Balikpapan - Samarinda Seksi 1 (km 13 - Samboja) dan Tol Layang AP Pettarani Seksi 3.