POPULAR STORIES

5 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Gratis Saat Libur Nataru, Ini Daftarnya

5 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Gratis Saat Libur Nataru, Ini Daftarnya Tol Trans Sumatera (foto: Hutama Karya)

KabarOto.com - Mengingat tingginya potensi pergerakan masyarakat pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, sejumlah persiapan dilakukan agar masyarakat nyaman dan aman.

Bagi pemudik yang hendak melakukan perjalanan ke wilayah Sumatera, terdapat 5 ruas jalan tol yang bisa digunakan secara gratis selama libur Nataru. Untuk lebih jelasnnya berikut daftarnya.

Baca Juga : Catat, Ganjil Genap Tak Berlaku Saat Libur Natal dan Tahun Baru

1. Jalan Tol Indralaya - Prabumulih

Jalan Tol Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5 km merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim.

Jalan Tol Indralaya - Prabumulih akan mempersingkat waktu tempuh Palembang - Prabumulih menjadi hanya 1 jam saja. Selain itu, waktu tempuh dari Prabumulih ke Bandara Mahmud Badaruddin II Palembang juga semakin cepat.

2. Jalan Tol Stabat - Kuala Bingai

Jalan Tol Binjai - Langsa segmen Stabat - Kuala Bingai membentang sepanjang 8 km. Telah beroperasi, kehadiran Jalan Tol diharapkan mampu mendukung konektivitas dari Binjai ke Medan sekitar 17 Km dan dari Medan ke Bandara Kualanamu sekitar 42 Km.

Foto : BPJT

3. Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh

Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15 km merupakan bagian dari Seksi 1 Jalan Tol Indrapura - Kisaran yang saat ini sudah beroperasi.

Jalan Tol ini akan menghubungkan beberapa Jalan Tol lainnya seperti Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, dan Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat.

Baca Juga : Tekan Angka Kecelakaan Saat Libur Nataru, Tilang ETLE Drone Siap Diterapkan

4. Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura

Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 26,23 km yang telah beroperasi merupakan bagian dari Seksi 1 Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat)

Jalan Tol ini akan tersambung langsung dengan Jalan Tol yang berada di Sumatera Utara, yakni Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran.

5. Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 - 6 (Blang Bintang - Baitussalam)

Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 - 6 (Blang Bintang - Baitussalam) sepanjang 12,7 km akan menyambungkan ke seksi lainnya yang telah dioperasikan terlebih dahulu yaitu Seksi 2 - 4 (Seulimeum - Blang Bintang) sepanjang 35,8 km.