POPULAR STORIES

Tekan Angka Kecelakaan Saat Libur Nataru, Tilang ETLE Drone Siap Diterapkan

Tekan Angka Kecelakaan Saat Libur Nataru, Tilang ETLE Drone Siap Diterapkan Petugas Kepolisian sedang melakukan uji coba ETLE menggunakan Drone (Foto : NTMC Polri)

KabarOto.com - Menekan angka kecelakaan saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Brebes, siap terapkan sistem tilang Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) drone jalur Pantura Kota Brebes, tepatnya di pertigaan Brexit, Senin (04/12/23).

Melalui keterangan resminya, Kasi Gar Subdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Kompol Indra Hartono menegaskan, pihaknya melaksanakan monitoring dan evaluasi penegakan hukum di sejumlah kota di Jawa Tengah.

Baca Juga : Drone ETLE Lakukan Uji Coba Terbang 25 Menit di Langit Tangerang

Menjadi jalur yang banyak dilalui pemudik saat libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), pertigaan Brebes Exit Timur (Brexit) menjadi salah satu wilayah yang perlu dipantau dan melakukan sosialisasi terhadap pelanggar lalu lintas, khususnya menggunakan ETLE drone.

“Jadi kita bisa melihat apa yang menjadi kendala dihadapi pihak kepolisian saat bertugas saat menggunakan ETLE mobile drone,” kata Indra Hartono, didampingi Kanit Gakkum Satlantas Polres Brebes Ipda Indra Prasetyo.

Penggunaan ETLE drone, dinilai sangat efektif memantau pelanggar lalu lintas di jalan raya, seperti tidak mengenakan helm atau pengemudi mobil tidak menggunakan sabuk pengaman.

“Dari dua menit pemantauan ETLE drone, bisa terlihat ada dua puluh pelanggar lalu lintas yang ditemukan di Brexit,” ungkap Indra Hartono.

Dari sosialisasi penggunaan ETLE drone beberapa bulan di wilayah Polda Jateng dinilai Hartono menegaskan sangat efektif. Hal ini tak terlepas dari mudahnya menemukan pelanggar lalu lintas dan tidak perlu berinteraksi langsung, sehingga tidak menganggu aktivitas masyarakat lainnya yang melintas.

Baca Juga : Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Uji Coba ETLE Drone di Boyolali

“Selain efektif menemukan pelanggar lalin, saat penegakan hukum dilakukan tidak menggangu pengguna jalan yang melintas,” jelas Indra Hartono.

Rencananya, tilang ETLE mobile drone akan mulai dilaunching dan diterapkan Polda Jateng pada Operasi Lilin mendatang. Diharapkan bisa mengurangi pelanggaran lalu lintas da menekan angka kecelakaan di jalan raya, pada saat libur hari Natal dan Tahun Baru 2024.

“Kami telah menyiapkan 6 drone dengan pilot-pilot yang terlatih dalam menggunakannya saat operasi digelar,” pungkasnya.