POPULAR STORIES

Sambut Nataru, Fasilitas Di 9 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Dipersiapkan Maksimal

Sambut Nataru, Fasilitas di 9 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Dipersiapkan Maksimal

KabarOto.com - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebentar lagi tiba. Walau masih di tengah pandemi segala persiapan menyambut libur panjang terus dilakukan, salah satunya kesiapan infrastruktur.

Setelah beberapa tahun lalu masyarakat di Pulau Jawa terbantu dengan adanya Tol Trans Jawa, kini giliran Jalan Tol Sumatera sepanjang 2.987 km menjadi koridor utama konektivitas.

Melalui Jalan Tol Sumatera, kendaraan di Pulau Sumatera dari Provinsi Lampung hingga Aceh bisa lebih mudah melakukan perjalanan darat.

Baca Juga: Tol BORR Simpang Yasmin - Simpang Semplak Ditargetkan Bisa Beroperasi Akhir 2020

"Mendukung libur Nataru Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan. Hal ini didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol yang beroperasi," jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Terhitung sampai 25 November 2020 terdapat 9 ruas Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi antara lain, ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Kayu Agung – Palembang – Betung, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi, Belawan – Medan – Tanjung Morawa, Palembang – Indralaya, Pekanbaru – Dumai, Medan – Binjai, dan Sigli – Banda Aceh.

Baca Juga: Tol Serang - Panimbang Seksi 3 Ruas Cileles - Panimbang Siap Dibangun

Menghadapi libur Nataru, Tol Trans Sumatera sepanjang 648 km sudah dilengkapi dengan rest area sebanyak 41 buah yang terbagi menjadi tipe A, B, dan C.

Selain itu, Tol Trans Sumatera telah dilengkapi mobile reader, mobile top up, dan penjualan kartu perdana uang elektronik. Adapun persiapan lainnya yaitu 37 toilet kabin, 26 unit mobil tangki air, 10 bus toilet, 20 unit vacum tinja, dan 34 hidran umum di lokasi rest area dan ruas jalan nasional.

Tak kalah penting, adapun petugas tanggap bencana siap siaga pada titik-titik rawan bencana untuk mengantisipasi keadaan darurat bencana alam.