Walau Gratis Lalulintas Harian Rata-rata Jalan Tol Manado-Bitung Rendah, Ini Sebabnya

Walau Gratis Lalulintas Harian Rata-rata Jalan Tol Manado-Bitung Rendah, Ini Sebabnya

KabarOto.com - Pada Selasa (29/09) Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Manado - Bitung. Sejak diresmikan, jalan tol tersebut masih bisa dilewati oleh pengguna jalan tanpa dikenakan biaya. Memang hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk sosialisasi kepada masyarakat.

PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) mencatat sekitar 170 ribu kendaraan melintas Jalan Tol Manado - Bitung selama 21 hari. Perhitungan selama tiga minggu ini adalah kendaraan yang keluar melalui empat Gerbang Tol (GT), yaitu GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, dan GT Danowudu.

"Total volume kendaraan yang melintasi Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu mencapai 170.251 kendaraan. Kendaraan golongan I mendominasi volume di ruas Manado - Danowudu, sekitar 68 persen dari total keseluruhan," ujar Direktur Utama PT JMB George I.M.P Manurung.

Baca Juga: Tol Manado - Bitung Ruas Manado - Danuwudu Bisa Diakses Gratis Sementara

Namun, jika dilihat Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) ternyata lalu lalang jalan tol tersebut hanya 8.107 kendaraan. LHR tertinggi didapat pada Sabtu (10/10) lalu sebanyak 10.571 kendaraan.

"LHR Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu ini cenderung masih di bawah target dari PT JMB.

Walau masi di bawah target, George menjelaskan bahwa ini bisa dimaklumi karena di Sulawesi Utara masih menjalankan program pencegahan penularan Covid-19 yang salah satunya ada mengurangi bepergian keluar rumah.

Tak hanya itu, ternyata rendahnya LHR Jalan Tol Manado - Bitung juga disebabkan oleh belum beraninya kendaraan besar untuk masuk tol. Bahkan, masyarakat juga masih enggan untuk membeli kartu elektronik walaupun jalan tol masih beroperasi tanpa tarif.

Baca Juga: Tol Solo - Yogyakarta - Kulonprogo Akan Segera Dibangun

"Masyarakat belum terbiasa masuk jalan tol dengan menggunakan kartu. Kedepannya, kami akan berkoordinasi dengan pihak Perbankan untuk mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat, terutama kemudahan untuk pembelian kartu perdana hingga fasilitas top up saldo," tutup George.

Adanya Jalan Tol Manado - Bitung bisa memotong jarak tempuh yang sebelumnya dari Manado ke Bitung memerlukan waktu perjalanan 1,5 hingga 2 jam, kini hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit.