POPULAR STORIES

Tol Manado - Bitung Ruas Manado - Danuwudu Bisa Diakses Gratis Sementara

Tol Manado - Bitung Ruas Manado - Danuwudu Bisa Diakses Gratis Sementara

KabarOto.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya meresmikan Jalan Tol Manado - Bitung Ruas Manado - Danuwudu pada Selasa (29/9). Ruas ini sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan tidak dikenakan biaya atau masih gratis sampai dua pekan ke depan.

Jalan tol Manado - Bitung akan dioperasikan secara bertahap, kali ini giliran Ruas Manado - Danuwudu sepanjang 26,35 km yang sudah siap menjadi lalu lintas pengemudi.

Baca Juga: Tol Solo - Yogyakarta - Kulonprogo Akan Segera Dibangun

Tol Manado - Bitung terdiri dari dua seksi yaitu Seksi 1 Manado - Airmadidi dan Seksi 2 Airmadidi - Bitung. Nah, ruas yang akan dioperasikan merupakan keseluruhan seksi 1 dan sebagian seksi 2.

Namun, untuk pengoperasian tahap pertama, PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) akan mengoperasikan dari Manado hingga Kauditan sepanjang 20 Km terlebih dahulu. Lainnya akan dioperasikan dalam waktu dekat.

"Untuk Manado hingga Danowudu, kami akan mengoperasikan pada hari Sabtu ini, pukul 9 pagi," jelas Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George I.M.P Manurung.

Tol ini dibangun agar masyarakat Sulawesi Utara mempersingkat waktu. Sebelum jalan tol ini dibangun, butuh waktu jauh lebih lama dibandingkan setelah ada ruas ini.

"Jarak tempuh dari Manado ke Bitung yang biasanya memerlukan waktu perjalanan 1,5 hingga 2 jam, kini dapat ditempuh sekitar 30 menit," ujar Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni.

Baca Juga: Jalan Tol Cisumdawu Terus Kebut, Target Selesai 2021

Singkatnya waktu tempuh yang dihasilkan, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian. Di mana dampak ekonomi bagi masyarakat akan lebih terasa karena konektivitas yang lancar.

Tol Manado - Bitung akan menerapkan transaksi cashless menggunakan kartu e-toll seperti daerah lainnya. Walau saat ini bisa diakses secara gratis, tapi tetap siapkan kartu elektronik karena Sobat KabarOto tetap harus tap-in dan tap-out untuk melaluinya.

"Masyarakat bisa menggunakan jalan tol ini tanpa membayar. Tapi, tetap menggunakan kartu elektronik. Jadi, masyarakat silakan menikmati jalan tol ini. Tapi, tetap berhati-hati dan jaga keselamatan," tambahnya.