POPULAR STORIES

Tol Layang Andi Pangeran Makassar Segera Diresmikan Dan Beroperasi

Tol Layang Andi Pangeran Makassar Segera Diresmikan dan Beroperasi

KabarOto.com - Beberapa ruas tol terus dibangun untuk memudahkan mobilitas masyarakat, bahkan sebagian di antaranya sudah bisa beroperasi. Salah satu ruas yang sudah siap diresmikan dan beroperasi yaitu Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 3 atau dikenal dengan Jalan Tol Layang Andi Pangeran (AP) Pettarani Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jalan AP layang sudah dibangun sejak April 2018 tanpa ada pembebasan lahan. Jalan tol layang sepanjang 4,3 km tersebut akan menghubungkan Kota Makassar dengan Pelabuhan Petikemas Soekarno Hatta Makassar dan Bandara Sultan Hassanudin.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen Mulai 2021

Pemerintah berharap adanya jalan tol layang tersebut bisa mengurai kemacetan lalu lintas. Pasalnya, jalan arteri sekitar kawasan Panakkukang dan Rappocini kerap macet.

Bahkan Tol Layang AP Pettarani diharapkan bisa mengurangi waktu tempuh. Pasalnya, para pengendara tidak perlu melewati banyak persimpangan di jalan arteri.

Baca Juga: Terapkan Tarif Terintegrasi, Berikut Skema Perubahan Tarif Tol Jakarta-Cikampek Dan Jakarta-Cikampek II Elevated

Adanya Jalan AP layang akan melengkapi ruas tol eksisting Jalan Tol Ujung Pandang pada Seksi I, II, dan IV yang akan beroperasi dengan sistem terbuka. Ruas tol tersebut akan memiliki dua on-off ramp yaitu Boulevard dan Alauddin.

Pembangunan Jalan Tol ini dimulai dari akhir Jalan Tol Seksi 2, tepatnya di Persimpangan Jl. Urip Sumoharjo melewati Persimpangan Jl. Boulevard Panakkukang, Jl. Hertasning dan berakhir sebelum Persimpangan Jl. Sultan Alauddin. Kerennya, Jalan Tol layang ini akan menjadi salah satu ikon baru kebanggan Kota Makassar, Sob!