POPULAR STORIES

Terapkan Tarif Terintegrasi, Berikut Skema Perubahan Tarif Tol Jakarta-Cikampek Dan Jakarta-Cikampek II Elevated

Terapkan Tarif Terintegrasi, Berikut Skema Perubahan Tarif Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Cikampek II Elevated

KabarOto.com - Sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1524/KPTS/M/2020 tanggal 22 Oktober 2020, Jalan Tol Jakarta - Cikampek dan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Elevated akan alami perubahan tarif.

Perubahan tarif kali ini disebut tarif integrasi, di mana kedua jalan tol tersebut hanya memiliki satu area Gerbang Tol (GT) sehingga transaksi lebih efisiensi. Sebab akan diberlakukannya tarif terintegrasi, ada wilayah pentarifan yang berubah posisinya.

Baca Juga: Tol BORR Ruas Simpang Yasmin - Kayu Manis Siap Urai Kepadatan Lalu Lintas

Daftar pembagian wilayah pentarifan

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), anak usaha Jasa Marga pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Vera Kirana menjelaskan di Wilayah 3 tidak ada perubahan tarif, tetapi ada perubahan wilayah untuk Karawang Timur.

"Sebelumnya Karawang Timur masuk di Wilayah 3, setelah penerapan tarif terintegrasi ini, Karawang Timur masuk di Wilayah 4 sehingga mengalami perubahan tarif," ujar Vera.

Tarif lama
Tarif baru terintegrasi

Jika digambarkan, tarif Jalan Tol Jakarta- Cikampek II Elevated mencapai Rp1.250/km sehingga pengguna harus membayar tarif jalan tol ini sebesar Rp 47.500. Jika pengguna mengendarai kendaraan golongan I, maka tarif yang harus dibayar yaitu Rp 62.500.

"Jadi, pengguna tol jarak jauh dengan kendaraan Golongan I (Wilayah 4), harus membayar dua tarif sekaligus. Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated sebesar Rp 47.500 dan tarif Jakarta-Cikampek sebesar Rp 15.000, sehingga total tarif untuk kendaraan Golongan 1 adalah Rp 62.500," tutup Vera.

Baca Juga: Persingkat Transaksi, Tol Jakarta-Cikampek Dan Jakarta-Cikampek II Elevated Bakal Terapkan Tarif Terintegrasi

Terkait penyesuaian tarif terintegrasi yang akan diterapkan di Jalan Tol Jakarta - Cikampek dan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Elevated masih dalam tahap sosialisasi dengan stakeholder. Sebab itu, waktu pasti penerapannya masih belum ditentukan.