POPULAR STORIES

Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen Mulai 2021

Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen Mulai 2021

KabarOto.com - Pembangunan jalan tol di Indonesia terus dilakukan untuk memberi kemudahan akses bagi para pengguna jalan, baik pribadi maupun logistik. Kabar terbaru PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendapatkan konsesi jalan tol baru dengan kepemilikan saham mayoritas setelah ditetapkan sebagai pemenang lelang proyek Jalan Tol Yogyakarta - Bawen.

Diperkirakan pembangunannya akan dimulai pada Agustus 2021 dan apabila selesai tepat waktu jalan tol di Jawa bagian tengah ini bisa beroperasi penuh pada 2023 kuartal III. Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) Mirza Nurul Handayani menjelaskan, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen memiliki total panjang 75,82 km.

"Jalan tol ini akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Tengah sepanjang 67,05 Km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,77 Km yang pembangunannya terbagi atas enam seksi," jelas Mirza.

Baca Juga: Tol Solo - Yogyakarta - Kulonprogo Akan Segera Dibangun

Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dan Perjanjian Penjaminan Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di kawasan Candi Borobudur

Jika dirinci enam seksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang akan dibangun, sebagai berikut:

Seksi 1 Yogyakarta - Banyurejo sepanjang 8,25 Km
Seksi 2 Banyurejo - Borobudur sepanjang 15,26 Km
Seksi 3 Borobudur - Magelang sepanjang 8,08 Km
Seksi 4 Magelang - Temanggung sepanjang 16,46 Km
Seksi 5 dari Temanggung - Ambarawa sepanjang 22,56 Km
Seksi 6 dari Ambarawa - Bawen sepanjang 5,21 Km

Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen ini juga terdapat 5 Simpang Susun (SS) dan 1 Junction. Pembangunannya dimulai dari Junction Bawen yang akan terkoneksi dengan beberapa jalan tol lainnya seperti Jalan Tol Semarang - Solo, SS Ambarawa, SS Temanggung, SS Magelang, SS Borobudur, dan SS Banyurejo.

Baca Juga: Terapkan Tarif Terintegrasi, Berikut Skema Perubahan Tarif Tol Jakarta-Cikampek Dan Jakarta-Cikampek II Elevated

Terhubungnya ruas-ruas jalan tol tersebut akan menghubungkan dengan Junction Sleman Kec Melati, Kab Sleman, DI Yogyakarta. Sehingga, seluruhnya akan terkoneksi dengan Jalan Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulon Progo.

Dibangunnya Jalan Tol Yogyakarta - Bawen akan membuat akses menuju daerah di wilayah tersebut lebih mudah dan cepat. Terhubungnya jalan tol tersebut dengan Tol Semarang – Solo dan Solo – Yogyakarta – YIA Kulon Progo membuatnya terbentuk segitiga emas.

Baca Juga: Tol BORR Ruas Simpang Yasmin - Kayu Manis Siap Urai Kepadatan Lalu Lintas

Terbentuknya segitiga emas diharapkan mampu meningkatkan perekonomian serta konektivitas untuk wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Jalan Tol Yogyakarta - Bawen akan dibangun dengan dua struktur berbeda yaitu desain struktur at grade sepanjang 69,68 km dan elevated sepanjang 6,15 km. Struktur elevated akan dibangun di Ring Road Barat Yogyakarta, di atas selokan Mataram.