Restorasi BMW 530 MLE 1976, Cikal Bakal BMW M

Restorasi BMW 530 MLE 1976, Cikal Bakal BMW M

KabarOto.com - Mobil klasik memang memiliki pesonanya tersendiri. Mulai dari bentuk, hingga sejarah mobil tersebut. Seperti mobil yang satu ini, yaitu sebuah BMW 530 Motorsport Limited Edition (MLE). Mobil ini juga bukan sembarang mobil klasik. Melansir Carscoops, mobil ini adalah varian tidak resmi pertama dari mobil BMW M.

Mobil keluaran 1976 ini, awalnya dibuat BMW untuk kompetisi balap di Afrika Selatan. Mobil ini mengawali balapan pertamanya di tahun yang sama, pada kelas Modified Production Series di Afrika Selatan. Mobil juga ini menyabet beberapa gelar juara, hingga akhirnya pensiun pada tahun 1985, dan terbengkalai.

Baca juga: BMW M4 Ini Makin Gahar Pakai Body Kit Varis

Kondisi awal sebelum restorasi

Setelah cukup lama terbengkalai, mobil ini direstorasi oleh BMW Afrika Selatan. Dibawah sentuhan ahli yakni Luis Malhou, William Mokwape, Walter Mahlangu, Jacob Matabane dan Cassie Calaca, mobil ini direstorasi pada 2018 lalu.

Ketika pertama kali ditemukan, mobil ini dalam keadaan berantakan. Tanpa grill, lampu, bumper depan bahkan tanpa kaca. Beberapa bagian juga sudah hancur dan berkarat.

Kini, tampilannya jadi terlihat segar kembali, desain khas BMW versi lawas juga hadir di mobil ini. Seperti di bagian depannya. Mobil ini hadir dengan dua pasang lampu model bulat, serta grill yang berbentuk kotak. BMW juga menyematkan detail-detail yang menarik, seperti corak khas BMW M pada bagian depan mobil ini.

Bagian samping dari mobil ini juga disematkan detail-detail oleh BMW, seperti stripping berkelir biru muda, biru tua, dan merah khas divisi M BMW. Bagian kacanya menggunakan list berkelir krom. Untuk bagian peleknya menggunakan pelek model jaring berukuran ring 14, dibalut dengan ban berukuran lebar khas mobil-mobil lawas.

Bagian belakangnya juga direstorasi hingga menyerupai aslinya. Pada bagian belakang mobil ini, juga terdapat detail-detail, seperti corak BMW M dan emblem-emblem khas BMW. Serta sebuah ducktail yang disematkan di buritan belakang.

Baca juga: Galeri Foto BMW M4 Competition

Bagian interior mobil ini hadir dengan bentuk khas mobil lawas. Interiornya menggunakan perpaduan warna hitam, biru serta aksen kayu. Untuk sebuah mobil lawas, interior ini juga sudah cukup sporty, dengan jok dan setir model balap.

Berbicara tentang mobil balap, memang terasa kurang pas. Bila tidak berbicara mengenai dapur pacu dan performanya. Melansir BMW, dapur pacu mobil ini menggunakan mesin 6 silinder segaris berkapasitas 3.000 cc. Mesin yang sudah dituning ulang oleh BMW ini menghasilkan tenaga sebesar 197 dk, dengan torsi maksimum di angka 277 Nm.

Mobil ini dapat mencapai kecepatan maksimal di angka 208 kpj. Dengan akselerasi 0 – 100 kpj dalam waktu 9,3 detik. Cukup kencang pada zamannya.

Kini, mobil yang telah direstorasi ini dipamerkan di “Home of BMW Legends”, berlokasi di Parbik BMW Group Rosslyn, Afrika Selatan. Pada 8 Oktober lalu.

Wah, mobil lawas memang banyak sejarahnya ya. (Gregorius Nikolaus.P)

Berita Terkait

Berita Terkait