POPULAR STORIES

Review Mesin Steam Vici PWC 70 Dan PWM 110: Mudah Dan Sebersih Tempat Cuci Steam Kendaraan

Review Mesin Steam Vici PWC 70 Dan PWM 110: Mudah dan Sebersih Tempat Cuci Steam Kendaraan Mesin Steam Vici PWC 70 Dan PWM 110 memiliki perbedaan dari segi desain dan tekanan air (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Cuci motor atau mobil di rumah bisa sebersih saat mencuci di tempat steam kendaraan. Selain sabun yang digunakan, mesin steam juga menjadi faktor penting dari bersih tidaknya kendaraan yang dicuci sendiri di rumah.

Nah, Kabaroto mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk bernama Vici PWC 70 dan Vici PWM 110. Secara umum kedua mesin ini memiliki fungsi dan cara kerja yang sama. Pembedanya adalah tekanan air yang diberikan mesin dan desain.

Membuat sabun seperti di tempat steam kendaraan

Vici PWC 70 memiliki tekanan air 100 bar, mampu mengeluarkan air sebanyak 5 liter per menit, tegangan 220v, dimensinya 330x250x260 mm, dan berat bersihnya mencapai 5,1 kg.

Baca Juga: Neta V Catatkan SPK 162 Unit Selama GIIAS 2023

Secara desain, mesin steam ini memiliki bentuk kompak dan simpel, sehingga mudah diletakkan di mana sja.

Sementara itu, Vici PWM 110 memiliki tekanan air 130 bar, mampu mengeluarkan air sebanyak 5 liter per menit, tegangan 220v, dimensi 270x270x432 mm, dan berat 10,4 kg. Meskipun memiliki ukuran yang lebih besar, mesin steam ini memiliki dua roda yang memudahkannya untuk di bawa dengan cara di dorong.

Tipe semburan air bisa di stel sesuai kebutuhan

Kedua mesin steam ini mendapatkan aksesoris yang sama untuk keperluan mencuci, Perbedaan lainnya adalah soal harga, di mana Vici PWC 70 dibanderol Rp 900.000, sedangkan Vici PWM 110 dibanderol Rp 1,425 juta.

Baca Juga: Alva Targetkan Jadi Pemain Kendaraan Listrik Roda Dua Terkemuka Di Indonesia

Saat mencoba menggunakannya untuk mencuci mobil dan motor, langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah memasang aksesoris dengan benar. Aksesoris tersebut berupa selang, nozzle hingga tempat sabun.

Vici PWC 70 memiliki desain lebihi kompak

Selain itu, Sobat Kabaroto juga perlu meyiapkan air dalam sebuah wadah yang nantinya akan disedot oleh mesin steam. Menariknya, nozzle ini juga dilengkapi alat untuk jenis pengaturan air yang menentukan tipe semburan air.

Ada empat tipe semburan air yang bisa digunakan, fungsinya pu berbeda-beda. Semburan air kecil memiliki tekanan air yang lebih kecang ini berfungsi untuk mencapai objek yang sempit dan bisan menghilangkan oli yang menempel.

Baca Juga: Klarifikasi AHM Soal Rangka ESAF Diduga Karatan

Vici PWM 110 dilengkapi dua roda

Kedua tipe sedikti lebar, ini cocok digunakan saat mulai mencuci kendaraan untuk menghilangkan debu atau krikil yang menempel di permukaan kendaraan, sedangkan untuk tipe ketiga keempat, cocok digunakan untuk tahap akhir saat mencuci, fungsinya untuk membilas busa yang dihasilkan saat mencuci.

Secara keseluruhan, kedua mesin steam ini sangat mudah digunakan dan cukup mumpuni untuk digunakan secara pribadi di rumah. Jika Sobat KabarOto suka mencuci kendaraan sendiri di rumah, alat ini jadi solusi yang tepat lho.