POPULAR STORIES

RI Dan Belanda Jajaki Kerjasama Di Sektor Transportasi

RI dan Belanda Jajaki Kerjasama di Sektor Transportasi Ilustrasi bus listrik (KO/Edo)

KabarOto.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Negara Belanda Mrs. Cora Van Nieuwenhuize untuk membahas peluang kerja sama di sektor transportasi.

Pertemuan tersebut, berlangsung di Kantor Pelindo II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (11/03). "Kami membahas sejumlah peluang kerjasama kedua negara di sektor transportasi," jelas Budi.

Baca Juga: Galeri Foto Bus Mercedes-Benz OH 1626 Avante H8

Lebih lanjut ia mengatakan, beberapa proyek infrastruktur yang dapat dilakukan kerjasama salah satunya adalah pengembangan sistem transportasi, yang cerdas dan ramah lingkungan di Ibu Kota Baru Negara di Kalimantan Timur.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan, dikabarkan bakal menyiapkan sejumlah infrastruktur angkutan massal, yang terintegrasi dan ramah lingkungan di Kalimantan Timur, setelah dipilih oleh Presiden RI Joko Widodo menjadi Ibu Kota baru pengganti DKI Jakarta.

Jajaki kerjasama kedua negara

"Di Ibu Kota baru nanti, kami akan siapkan konektivitas transportasi yang terintegrasi antar modanya melalui angkutan massal dan berkonsep ramah lingkungan atau minim emisi," Kata Budi.

Budi menambahkan, Kemenhub berkomitmen untuk mengutamakan pembangunan infrastruktur transportasi massal, agar di Ibu Kota yang baru nanti angkutan massal menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk bertransportasi.

Pada kesempatan tersebut, kedua Negara juga menanadatangani Letter of Intent antara Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dengan CEO Innovam Belanda.

Baca Juga: Virus Corona Menyebar, Anies Tunda Balap Formula E Di Monas

Innovam sendiri, merupakan lembaga yang bergerak di bidang pelatihan dan pemagangan tenaga terampil otomotif bertaraf Internasional, yang berpusat di Belanda.

"Tujuannya, untuk meningkatkan pengembangan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia perhubungan, melalui pendidikan dan pelatihan otomotif," pungkas Budi.