POPULAR STORIES

Rifat Sungkar Gaet Ben Searcy, Siap Beraksi Di Balap APRC 2022

Rifat Sungkar Gaet Ben Searcy, Siap Beraksi di Balap APRC 2022 Foto:Karyaku

KabarOto.com - Setelah menuntaskan putaran pembuka Kejurnas Rally 2022 pada awal Agustus silam, kawasan Aek Nauli akan menjadi medan pembuktian para pereli, yang bersaing dalam ajang Asia Pacific Rally Championship (APRC), 23-25 September 2022.

Indonesia sendiri sering menjadi tuan rumah APRC, tahun 1989-1997, tahun 2000, 2005-2009, dan terakhir sebelum pandemi, yaitu 2019.

Hanya ada dua provinsi yang menjadi lokasi APRC di Indonesia, yaitu Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan, kawasan Danau Toba menjadi kawasan yang paling sering disinggahi.

Kendati belum menorehkan nama di podium tertinggi, kehadiran pereli Indonesia di arena APRC cukup disegani. Nama Rifat Sungkar, Rizal Sungkar maupun Subhan Aksa cukup diperhitungkan, saat turun di arena Rally of Indonesia APRC.

Baca Juga: Hajar Batu Tanam Di Huta Tonga, Mitsubishi Xpander AP4 Rifat Sungkar Kehilangan Tenaga

Tahun 2006, Rifat mampu bertengger di posisi 4 Overall APRC. Ketika itu Cody Crocker, pereli WRC asal Australia, yang menjadi juara. Rifat kembali masuk Top Ten pada APRC 2007.

Prestasi Rifat tertinggi ia raih pada tahun 2011, saat menjadi Juara 3 APRC berada di bawah dua pereli WRC, Allister McRae dan Chris Atkinson.

Tahun 2022 ini merupakan pertama kali Rifat Sungkar kembali berlaga di kancah reli setelah 12 tahun terakhir. Ia banyak bertarung di arena Drifting, Sprint Rally dan Sprint Offroad.

Bersama Mitsubishi Xpander Rally Team, Rifat Sungkar akan mencoba unjuk prestasi. Bersama navigator asal Australia Ben Searcy, Rifat kembali membawa tunggangan andalannya yaitu Mitsubishi Xpander AP4.

Baca Juga: Gandeng Rifat Sungkar, Ini Profil Para Pembalap Yang Bakal Tempur Di AXCR 2022

Berbagai persiapan telah dilakukan, terutama perbaikan pada kerusakan yang diderita Mitsubishi Xpander AP4, saat berlaga di Rally Danau Toba Agustus silam.

“Perbaikan sudah selesai dilakukan Mitsubishi Xpander AP4 kembali segar dan siap untuk menunjukkan performa terbaiknya,” ucap Rifat Sungkar.

Menurut Rifat, pengalaman di Rally Danau Toba pada Agustus laku, memberi banyak informasi tentang karakter trek Aek Nauli yang menjadi arena pertarungan.

Ia mengaku semakin mengenal lintasan yang akan mereka lalui. "Namun saya tidak mau menganggap enteng, karena apapun bisa terjadi di arena reli,” ungkap Rifat.