Rio Haryanto: Saya Masih Sangat Hijau dengan Mobilnya, Ini Cuma Soal Membiasakan Diri

Acrul Affandy
Acrul Affandy 26 Feb 2016 - 05:44
Rio Haryanto: Saya Masih Sangat Hijau dengan Mobilnya, Ini Cuma Soal Membiasakan Diri
Soal insiden di sesi tes pramusim, Rio menegaskan jika ia semain percaya diri dan akan terus belajar dan melakukan yang terbaik mengeluarkan seluruh kemampuan secara maksimal. (Foto: pbs.twimg.com)

Tes hari terakhir ini harus berakhir lebih cepat untuk Rio setelah mengalami insiden yang membuatnya mengakhiri tes pramusim hari keempat di Barcelona lebih dini. Insiden itu disebutnya jadi pelajaran penting.

Pebalap Manor itu seperti diketahui tergelincir ke luar trek di antara tikungan empat dan lima, lalu menabrak dinding pembatas. Insiden itu membuat MRT05 miliknya mengalami sedikit kerusakan di bagian belakang, sementara kondisi Rio baik-baik saja.

Pada akhirnya Rio tak bisa kembali ke lintasan di sisa kurang lebih dua jam pada sesi itu karena kerusakan tak bisa diperbaiki dalam waktu singkat. Bagaimanapun, hal itu membuat Rio tak lagi melanjutkan tes di sisa waktu dan membukukan catatan terbaik satu menit 28,266 detik.

Catatan itu sedikit lebih lambat daripada torehan terbaiknya di hari pertama yakni satu menit 28,249 detik. Meski begitu hari ini Rio mampu melahap 51 putaran sehingga total melakukan 127 putaran selama dua hari tes, jumlah yang cukup bagus untuk adaptasinya. Catatan ini sedikit lebih banyak dibandingkan yang dijalani rekan setimnya, Pascal Wehrlein, selama dua hari (125 lap).



Rio sebelumnya menyatakan mulai memahami batasan-batasan dari MRT05 miliknya. Dia mengaku melakukan kesalahan sehingga terjadi insiden. Tapi secara keseluruhan Rio mengungkapkan mendapat pelajaran berharga menatap tes kedua dan utamanya seri pembuka musim 2016 di Australia.

"Saya semakin percaya diri dengan tim ini, hari demi hari. Saya masih belajar di sini dan masih ada dua hari tes lagi di pekan depan untuk saya. Jadi saya akan mencoba melakukan yang terbaik, juga belajar sebaik mungkin sebelum Grand Prix pertama," ujar Rio dikutip dari GPUpdate.

"Saya berusaha sangat keras untuk mengeluarkan kemampuan paling maksimal dari saya dan juga dari mobil. Kita melihat hari ini saya melakukan sebuah kesalahan dan saya bakal perlu belajar dari itu dan tidak mengulanginya."

"Saya masih sangat hijau dengan mobilnya. Ini cuma soal membiasakan diri," tandasnya. Tes pramusim kedua kembali akan digelar di sirkuit Catalunya pada 1-4 Maret mendatang.

Baca Juga: