POPULAR STORIES

Rizal Sungkar Memimpin Di Hari Pertama Kejurnas Sprint Rally

Rizal Sungkar Memimpin di Hari Pertama Kejurnas Sprint Rally Rizal Sungkar Memimpin di Hari Pertama (Foto: Dok)

kabaroto.com- Pebalap Pertamax Motorsport Sprint Rally Team, Rizal Sungkar untuk sementara menjadi yang tercepat di Grup M pada hari pertama Kejurnas Sprint Rally putaran pertama yang berlangsung di Sirkuit Canti Darma PMPP TNI Sentul, Jawa Barat. Sedangkan pebalap Pertamax Motorsport Sprint Rally Team lainnya, Rifat Sungkar yang juga merupakan kakak kandung Rizal, berada di posisi kedua dengan selisih waktu 0,9 detik.

Di hari pertama Kejurnas Sprint Rally putaran pertama ini, beberapa pebalap sempat mengalami kesulitan saat berpacu di lintasan aspal sirkuit Canti Darma PMPP TNI yang berbukit-bukit. Hal ini diungkapkan oleh Rizal Sungkar yang berpasangan dengan Endrue Fasha, “Lintasannya bagus dan cukup menantang, selain itu lintasan ini juga highspeed, kita start dari atas gunung lalu turun kebawah dan naik lagi, Untuk itu pacenote yang tepat dan konsistensi sangat diperlukan untuk balap kali ini.”

Pada balapan ini, Rizal dan Rifat sama - sama menggunakan mobil Mitsubishi Evolution X dan turun di kelas M1 yaitu mobil dengan spesifikasi active center diff, refecter turbo standar FIA 33 mm. Di SS1, Rizal Sungkar menunjukkan performa yang baik, kendati sempat tidak bisa melakukan late breaking namun hal tersebut tidak menjadi kendala untuk dapat menorehkan waktu terbaiknya 4 menit 49,3 detik.


Sedangkan Rifat Sungkar yang berpasangan dengan Hervian Soejono, pada SS1 sempat mengalami sedikit masalah pada knalpot mobil yang menyebabkan boost mobilnya melemah. Namun , Rifat diuntungkan dengan kondisi cuaca dan lintasan yang tidak terlalu panas, sehingga Rifat tetap dapat memaksimalkan kendaraannya pada saat balapan berlangsung, dapat melibas tikungan yang cukup krusial dengan mulus, sehingga catatan waktunya tetap cukup baik, yaitu 4 menit 51,7 detik.

Sebelum memasuki SS2, tim mekanik Pertamax Motorsport berhasil mengatasi kendala knalpot yang terjadi sebelumnya, sehingga di SS2 baik Rizal maupun Rifat berhasil menyajikan performa yang memuaskan, dengan menajamkan masing-masing perolehan waktunya sekaligus memimpin di grup M.

Atas hasil yang diperolehnya hari ini, Rifat Sungkar yang juga Direktur Pertamax Motorsport mengatakan, “Balapan hari ini sangat seru, karena saya sendiri sudah cukup lama tidak mengikuti reli. Pada hari ini saya masih berusaha beradaptasi baik dengan pacenote maupun settingan mobil yang tepat. Ternyata saya masih dapat bersaing dengan pebalap-pebalap lainnya. Dan saya berharap semoga hal ini memotivasi pebalap-pebalap lain untuk dapat kembali semangat untuk menyemarakan dan memajukan event reli di Indonesia”.

Pebalap Pertamax Motorsport Sprint Rally Team Rifat Sungkar/Hervian Soejono, Rizal Sungkar/Endrue Fasha akan kembali menjalani 2 SS tersisa di sirkuit Canti Darma PMPP TNI Sentul, Jawa Barat)