POPULAR STORIES

RNF Siap Menjadi Tim Satelit Aprilia

RNF Siap Menjadi Tim Satelit Aprilia Sumber Foto : MotoGP & pihak tim

KabarOto.com – Usai MotoGP Jerez 2022, tim milik Razlan Razali yakni RNF Racing dikabarkan ingin bergabung dengan pabrikan motor asal Italia, Aprilia.

Seperti diketahui, tim RNF merupakan tim satelit pabrikan Jepang yaitu WithU Yamaha RNF. Tetapi, melihat performa dari Yamaha YZR-M1 2022 yang tidak memuaskan membuat duo pembalapnya Andrea Dovizioso dan Darryn Binder tidak bisa tampil kompetitif sejak awal musim.

Baca juga: Posisi Ke-2 Klasemen Umum MotoGP 2022, Aleix Espargaro Temukan Kelemahan Saat Start

Di sisi lain, pembalap berlogo garpu tala yang mampu tampil kompetitif hanyalah Fabio Quartararo. Meskipun, motor mereka hanya memiliki kelebihan di tikungan saja. Lalu, RNF juga memiliki masalah ekonomi dan pihak Yamaha mematok harga terlalu tinggi untuk perpanjangan kontrak.

Kontrak RNF sendiri dengan Yamaha dikabarkan akan selesai pada akhir 2022. Karena itu, pihak RNF tertarik untuk melirik Aprilia. Pasalnya, performa Aleix Espargaro di atas Aprilia RS-GP kini tampil lebih kompetitif dan mampu meraih kemenangan dan podium.

Baca juga: Dorna Sports Tanggapi Rencana Suzuki Cabut Dari MotoGP

Adapun sang CEO Aprilia yakni Massimo Rivola juga tidak menolak ide untuk membuka tim satelit untuk musim depan. “Jika kami menerima permintaan yang menarik agar proyek ini berkembang, kami akan mempertimbangkan tawaran tersebut,” ungkap Massimo Rivola.

Aleix mampu tampil kompetitif di atas Aprilia RS-GP 2022

Rencana tim satelit ini tentu akan memenuhi syarat dari CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta. Di mana MotoGP memiliki enam pabrikan dengan masing-masing tim satelit.

Saat ini, beberapa tim satelit seperti LCR Honda masih memiliki kontrak dengan Honda hingga akhir musim 2024. Lalu, Tech3 akan menggunakan KTM RC16 hingga akhir 2026 dan Pramac Racing akan menjadi tim satelit Ducati hingga akhir 2024.