POPULAR STORIES

Rosberg Kalahkan Hamilton Di Austria

Rosberg Kalahkan Hamilton di Austria Podium Roseberg Austria (foto: formula1.com)

Lewis Hamilton memang unggul pada saat kualifikasi dan meraih pole position, namun hasil lomba pada hari minggu berkata sebaliknya saat ia harus rela mengalah saat rekan satu timnya - Nico Rosberg - lebih unggul dan berhasil memperkecil jarak perolehan poin klasemen dengan selisih 10 poin. Hamilton juga sempat mendapat hukuman waktu sebanyak 5 detik akibat melanggar garis di area keluar pit, dan kemudian finish dengan jarak 3.8 detik di belakang Rosberg. Selain itu Felipe Massa meraih podium pertamanya di musim lomba tahun 2015 ini dan merupakan podium kedua bagi tim Williams.

Persaingan antara duo Mercedes terjadi sejak awal ketika Hamilton sempat melambat dan Rosberg langsung merebut posisi pertama dari Hamilton untuk kemudian mendominasi hingga bendera finish berkibar. Tak satu orang pun dapat memberi perlawanan berarti untuk Rosberg, termasuk Sebastian Vettel sekalipun yang kehilangan posisi ke-3 saat pit stop-nya tertunda akibat penggantian ban belakang yang cukup memakan banyak waktu. Hal itu membuat posisi Vettel diambil oleh Felipe Massa hingga balapan berakhir. Hal buruk menimpa rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen yang bertabrakan dengan Fernando Alonso karena hilang kendali saat ban mobil Raikkonen selip di tikungan ke 2 sirkuit Spielberg. Keduanya menghantam pembatas sirkuit dan membuat mobil Alonso terangkat tepat diatas area kokpit Raikkonen. Jenson Button pun juga gagal finish saat mobilnya mengalami masalah mesin setelah menjalani pit stop ke 2.

Sementara itu di jajaran tengah terjadi persaingan sengit antara Nico Hulkenberg (Force India) dan Valtteri Bottas (Willimas) yang akhirnya diraih oleh Bottas dengan ganjaran posisi 5, serta perebutan posisi ke 7 antara Pastor Maldonado (Lotus) dengan Max Verstappen (Toro Rosso) yang diakhiri dengan kemenangan Maldonado setelah berkali-kali memberikan aksi saling menyalip. Setelahnya, posisi ke 9 diisi oleh Sergio Perez (Force India) dan posisi poin akhir ditutup oleh Daniel Riciardo (Red Bull). Selain Raikkonen dan duo McLaren yang gagal finish, Will Stevens (Marussia) juga gagal finish akhibat kebocoran oli mesin, Carlos Sainz (Toro Rosso) gagal finish akibat masalah pada roda belakang dan Romain Grosjean (Lotus) mengalami kerusakan pada transmisi mobilnya. Stewart perlombaan sempat menyelidiki insiden tabrakan antara Raikkonen dan Alonso namun diakhiri dengan keputusan tidak ada yang salah dalam insiden tersebut.

Saat diwawancara tentang tabrakan tersebut, Alonso menjelaskan “Saya melakukan start yang baik dan memberikan cukup ruang (untuk pebalap lain) di tikungan pertama dan tikungan kedua," ujar Alonso. "Kimi berada di depan saya dengan ban utamanya, namun saat keluar dari tikungan kedua mobilnya selip - saya berniat melewatinya namun tertabrak dari sisi kiri, dan kemudian kami berdua menghantam pembatas sirkuit. “Untungnya, kami berdua baik-baik saja. insiden tersebut cukup aneh, karena ia kehilangan kendali mobilnya di gigi 5, jadi tentunya mobil tidak mendapatkan traksi.”

Tabrakan tersebut mencatat bahwa Alonso telah gagal dalam 4 lomba berturut-turut pertama kalinya selama karir-nya di Formula 1. Sedangkan bagi Raikkonen merupakan gagal finish pertama baginya sejak musim F1 dimulai di Australia tahun ini.

Klasemen pembalap sementara saat ini masih dipimpin oleh Hamilton dengan 169 poin, disusul oleh Rosberg dengan 169 poin dan Vettel yang mencatatkan 120 poin, sedangkan untuk klasemen konstruktor dipimpin oleh Mercedes dengan 328 poin mengungguli Ferrari di posisi kedua dengan 192 poin dan Williams dengan 129 poin berada di posisi ke 3.

Untuk Rosberg, balapan kali ini merupakan kemenangannya yang ke 11 di Formula 1 dan sejajar dengan Jacques Villeneuve, Felipe Massa dan Rubens Barrichello. Hamilton juga mencatat prestasi dengan meraih podium selama 15 kali berturut-turut dan sejajar dengan Fernando Alonso. Hanya Michael Schumacher saja yang mengungguli prestasi Hamilton dan Alonso dengan meraih podium 19 kali berturut-turut

Baca juga: