POPULAR STORIES

Rossi Sukses Kalahkan Motor Robot Yamaha

Rossi Sukses Kalahkan Motor Robot Yamaha Yamaha Motobot dan Valentino Rossi. (istimewa)

KabarOto.com - Perusahaan otomotif asal Jepang, Yamaha, mengumumkan hasil lap time dari motor Motobot di Sirkuit Thunderhill Raceway Amerika Serikat. Yamaha membandingkan catatan waktu Motobot pengembangan tahap ketiga ini dengan pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Hasilnya, catatan waktu Rossi jauh lebih baik dibandingkan dengan Motobot Yamaha. Rossi menorehkan catatan waktu 85.740 detik. Adapun, catatan waktu Yamaha Motobot adalah 117.504 detik.

Baca Juga:

Ini bukan menjadi percobaan terakhir yang dilakukan oleh Motobot. Itu karena Motobot masih dapat berevolusi seiring dengan bertambah canggihnya teknologi kepintaran buatan pada sebuah kendaraan.

Motobot merupakan sebuah robot yang dikembangkan Yamaha untuk mengendarai motor secara otonom tanpa bantuan manusia yang mengontrol dari jarak jauh (remote control). Motobot edisi ketiga ini mampu menembus kecepatan 200 kilometer per jam.

Menurut salah satu media di Kanada, catatan waktu Motobot tersebut di sirkuit Thunderhill sudah mampu menyamai dan bahkan mengalahkan catatan waktu beberapa pebalap non-profesional.

Dalam mengembangkan Motobot, Yamaha mengaplikasikan 6 aktuator dalam mengoperasikan steering. Ke depannya, akan ada pengembangan lanjutan untuk Motobot. Yamaha juga berencana membuat jetski, watercraft lainnya, Snowmobile, ATV, dan ROV otonom.