POPULAR STORIES

Royal Enfield Himalayan Bergaya Tracker Ini Bernama 02View

Royal Enfield Himalayan Bergaya Tracker Ini Bernama 02View Royal Enfield bergaya Tracker 02View

KabarOto.com - Seorang arsitek asal Jakarta yang bergabung dalam komunitas Royal Riders Indonesia bernama Julian, mengubah sebuah motor Royal Enfield Himalayan miliknya menjadi tampil berdesain tracker 1970-an. Himalayan diberi nama 02View, pengerjaannya terbilang sulit.

Dalam mendesain motor ini, dia melibatkan tiga arsitek, dengan mengimplementasikan tiga variabel penting dalam desain arsitektur. Pertama adalah firmitas atau struktur rancang bangun, lalu utilitas atau fungsi bangunan dan yang terakhir adalah venustas atau estetika.

Baca Juga: Royal Enfield Tampilkan Himalayan Custom Di IMOS 2018

Wheels Base motor ini 148 cm dengan panjang 211 cm.

“Tiga variable ini adalah yang terdasar dalam merancang sebuah bangunan. Saya coba untuk membawa nilai ini ke dalam Royal Enfield Himalayan,” lanjut pria yang juga anggota Royal Riders Indonesia.

Dia pun memasang sokbreker depan lansiram Showa yang dipasang dengan menciptakan segitiga atau triple tree baru. Sementara itu Sokbreker belakang mempercayainya dengan merk Ohlins.

Sistem pengereman untuk depan, Julian membekalinya dengan dounle disc brake 8 piston Nissin Radial dan rem belakang menggunakan Brembo 2 piston dengan selang hel.

Ban belakang Shinko E805 berukuran 150/70/18 inci.

Belum lagi mencetak ulang pelek belakang berbahan dasar aluminium. Uniknya, pelek tersebut memiliki secondary skin atau dop berbahan galvalum. Bahan unik ini biasanya diimplementasikan untuk pembuatan kanopi yang berfungsi untuk melindungi bagian rumah atau bangunan lainnya dari hujan atau sinar matahari.

Jika dibandingkan dengan bahan lainnya, galvalum tergolong lebih awet dan tahan lama serta tahan terhadap karat ataupun akibat perubahan cuaca dan kelembapan.

Berbalurkan striping kuning disertai warna putih dan hitam, kesan visual .02View adalah hasil polling yang dilakukan Julian melalui media sosial. Sekitar 189 orang turut berpartisipasi dalam polling tersebut, yang dilaksanakan di Instagram, facebook dan WhatsApp.

Lampu depan berukuran 5 inci.

Secara umum, dimensi motor berubah. Tinggi awal dari tanah ke jok pengemudi menyusut, dari yang awalnya 800mm menjadi 760 mm. Panjang motor secara keseluruhan turut menyusut, dari awalnya 2.190 mm, menjadi 2.110 mm. Hal ini bertujuan agar siapapun yang mengendarai 02View tidak akan mengalami kesulitan ketika berpijak ke tanah, yang jelas menunjang kelincahan dalam berkendara.

Ban depan menggunakan Shinko E805 berukuran 120/90/18 inci dan ban belakang Shinko E805 berukuran 150/70/18 inci. Headlamp menggunakan Daymaker 5 inci dengan cover berbentuk kotak.

Rem belakang menggunakan Brembo 2 piston dengan selang hel

Sementara itu tangkinya dibuat kotak dengan kanan kirinya diberi emblem 02View. Oiya, joknya pun dibuat model sport yang hanya bisa menampung satu orang saja. Secara umum motor ini diberi warna perpaduan antara hitam dan juga silver, sehingga terlihat semakin garang.

Baca Juga: Test Ride - Merasakan Royal Enfield Himalayan Di Dua Alam

Rem depan Double disc brake 8 piston Nissin Radial

Menurut Julian, keberhasilan sebuah karya dinilai dari kemampuannya dalam menggugah emosi manusia. Ia percaya bahwa yang membatasi sebuah desain hanyalah kemauan dari setiap orang untuk berimajinasi.

“Kehadiran .02View bukan untuk berkompetisi. Bukan untuk menunjukkan siapa lebih unggul. Saya hanya menyajikan sisi pandang baru, yang personal dari profesi seorang arsitek, dalam memodifikasi motor,” tutup Julian.

Detail Spesifikasi .02View

Sokbreker depan Showa type SFF
Wheels Base 148 cm
Panjang motor 211 cm
Tinggi jok/seat 76 cm
Ground clearance 19 cm
Handle bar Protaper Evo Panjang 84 cm
pelek depan 18 inch 300
pelek belakang 18 inch 350
Ban depan Shinko E805 - 120/90/18B
Ban belakang Shinko E805 - 150/70/18
Rem depan Double disc brake 8 piston Nissin Radial
Rem belakang Brembo 2 piston with selang hel
Headlamp Daymaker 5 inci
Handgrip Vans moto
Sokbreker belakang Ohlins