POPULAR STORIES

Rp 17,4 Triliun Dibawa Toyota Ke Tiongkok Bikin Mobil Listrik

Rp 17,4 triliun Dibawa Toyota ke Tiongkok Bikin Mobil Listrik

KabarOto.com – Kendaraan listrik akan menjadi andalan jualan Toyota di daratan Tiongkok untuk masa depan. Sebab, menurut kabar yang didapat oleh Reuters, Toyota tengah menggandeng industri lokal FAW Group untuk mempersiapkan fasilitas produksi kendaraan listrik di Tianjin.

Dikabarkan Toyota mengucurkan dana hingga 8,5 miliar yuan atau setara Rp 17,4 triliun. Hal tersebut diisukan oleh otoritas China-Singapore Tianjin Eco-city.

Baca juga: Keren Nih, Hot Wheels Remote Control Tesla Cybertruck

Fasilitas produksi mobil listrik tersebut diperkirakan memiliki kapasitas hingga 200.000 unit pertahun. Sedianya untuk produksi khusus konsumen di Tiongkok berupa kendaraan murni listrik, plug-in hybrid dan kendaraan fuel-cell.

Tak ada kabar lebih lanjut dari Toyota menyikapi investasi baru kendaraan listrik di Tiongkok. Tapi bila melihat performa penjualan tahun lalu di daratan Tiongkok, Toyota menjual 1,62 juta alias meraup kenaikan penjualan 9%, meski total angka penjualan kendaraan seluruh brand di Tiongkok alami penurunan hingga 8,2%.

Adapun kerjasama Toyota dan FAW ini bukanlah untuk kali pertama. Namun semakin mempererat bisnis meraka di Tiongkok yang dimulai sejak tahun 2002 yang memang fokus untuk mobil sedan mewah, kendaraan kecil dan SUV mewah.