Ruas Tol Cimanggis - Cibitung Beroperasi Pekan Depan, Gratis!

Ruas Tol Cimanggis - Cibitung Beroperasi Pekan Depan, Gratis!

KabarOto.com - Ruas Tol Cimanggis - Cibitung terus dikebut pembangunannya. Salah satu ruas tol Proyek Strategis Nasional (PSN) ini memiliki panjang 26,2 km yang terdiri dari beberapa seksi.

Ruas tol Cimanggis - Cibitung terdiri dari Seksi I dari Junction Cimanggis hingga on/off ramp Jatikarya yang panjangnya 2,8 km. Sementara itu, seksi II mulai dari on/off ramp Jatikarya hingga Junction Cibitung sepanjang 23,4 km. Saat ini Seksi I konstruksinya sudah selesai dan siap beroperasi penuh.

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung merupakan bagian dari 6 ruas Jalan Tol JORR II yang terdiri dari Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran, Kunciran - Serpong, Serpong - Cinere, Cinere - Jagorawi, Cimanggis - Cibitung, dan Cibitung - Cilincing.

Baca Juga: Konstruksi Tol Bersimpangan Di Simpang Susun Cibitung, Hati-hati Ada Pengalihan Arus

Dibangunnya ruas tol tersebut akan menghubungkan akses Cibubur ke Tol Jagorawi. Seperti yang diketahui, saat ini kondisi jalan sudah terlalu padat apalagi saat jam kerja. Sehingga, adanya ruas tol baru ini diharapkan bisa membagi kepadatan dan mengurai kemacetan.

Tol Cimanggis - Cibitung Seksi I akan mulai beropasi pada pekan depan Selasa, (10/11). Pada awal operasionalnya masyarakat tidak akan dikenakan biaya saat melintasi ruas tol ini.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Perhatikan Pengalihan Lalu Lintas Ini

"Dibukanya ruas ini tanpa tarif merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat hingga akhir November 2020," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit.

Jika sebelumnya menuju ke tengah akses jalan Transyogi/alternatif Cibubur dari Tol Jagorawi atau sebaliknya memakan waktu 30 menit, kini beropasinya Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi I bisa mempersingkat waktu hanya 5-10 menit saja.