Saat Motor Bertemu Kendaraan Besar, Ini Cara Amannya!

Saat Motor Bertemu Kendaraan Besar, Ini Cara Amannya!

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu ada kejadian, seorang pengendara motor terjatuh dan terlindas truk di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan. Kecelakaan tunggal ini bukan hanya terjadi satu kali, namun sering sekali dialami oleh pengendara sepeda motor.

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi, pengendara motor panik saat menyalip atau supir yang ugal-ugalan. Oleh karena itu, sebagai pengendara motor yang berada di jalanan setiap hari untuk menjalankan aktivitas, tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat ada kendaraan besar di jalur yang searah dengan kita.

Baca Juga: Rawan Pencurian, Ini Tips Amankan Motor Dari Maling

Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) memberikan tips mengendarai sepeda motor saat berpapasan dengan truk atau bus.

Jaga jarak minimal satu body truk jika berada di belakang (Foto: Istmewa)

Menurut dia, harus menjaga jarak dengan kendaraan besar itu. "Jarak aman di jalan perkotaan maksimal 1 bodi truk, posisinya di belakang," terang Sony.

Jika melihat ada truk di belakang kita, menurut Sony harus segera menjauh, menunggu dan beri kesempatan truk tersebut lewat, tapi perhatikan jarak amannya.

"Kalau di depan truk gak aman, jadi lebih baik menjauh, mendahului atau minggir biar dia lewat," tambah Sonny kepada KabarOto.

Nah, jika ingin menyalip, lakukan dengan aman dan selalu waspada. "Kalau mau nyalip lakukan dengan segera, dan terkontrol, itu prinsip menyalip yang aman," tambah dia.

Baca Juga: Tips Mengendarai Motor Di Era New Normal Ala Honda

Namun, jika menyalip jangan memaksakan diri serta jangan pernah berhenti di depan truk. "Jangan pernah berhenti di depan truk atau jangan beriringan dengan kendaraan tersebut," paparnya.