POPULAR STORIES

Tips Mengendarai Motor Di Era New Normal Ala Honda

Tips Mengendarai Motor di Era New Normal Ala Honda Ilustrasi pengendara motor

KabarOto.com - Mencegah penyebaran Covid-19 makin meluas, selama lebih dari 3 bulan pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan pembatasan sosial. Sehingga membuat masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah.

Kini, masyarakat telah diajak bersiap memasuki era New Normal, di mana aktivitas luar ruangan secara bertahap berangsur normal, dengan menerapkan protokol kesehatan dan kebiasaan baru.

Baca Juga: Jika Covid-19 Gelombang Kedua Datang, Honda Motor Akui Sudah Siap

Johannes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, bagi para pengguna sepeda motor, rasanya juga sudah harus membiasakan diri dengan hal-hal baru, yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya.

"Beberapa hal perlu diperhatikan dan dilakukan para bikers, untuk berkendara dengan #Cari_Aman di era New Normal, mulai dari sebelum berkendara, cara berkendara hingga setelah berkendara," tutur Lucky.

Ia mengatakan, sebelum berkendara, sebaiknya melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Selanjutnya, periksalah kondisi sepeda motor terutama sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan. Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.

Selalu jaga kebersihan

"Selain mengecek kondisi motor, persiapkan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sarung tangan dan jaket berkendara. Para bikers sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara," tutur Lucky.

Lebih lanjut ia juga mengingatkan, agar bikers menghindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara untuk mencegah benda asing masuk serta mencegah mengusap mata saat dalam perjalanan.

Setelah sampai tujuan, Lucky mengatakan bila pengendara motor wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun, setelah melepas seluruh perlengkapan berkendara. Jika telah sampai rumah, segeralah mandi sebelum bertemu keluarga.

Baca Juga: Honda Civic Ferio Modifikasi Mesin Integra, Gaya Super Rapi

Riding gear yang telah digunakan, dapat disimpan di bagasi motor atau sediakan tas tersendiri. Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan disinfektan.

"Keselamatan dan kesehatan, menjadi kunci utama untuk dapat beraktivitas dengan produktif di era New Normal ini," pungkas Lucky.