POPULAR STORIES

Saat New Normal, Ojol Minta Penumpang Bawa Helm Sendiri

Saat New Normal, Ojol Minta Penumpang Bawa Helm Sendiri

KabarOto.com - Asosiasi ojek online yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia (Garda Indonesia) telah menyiapkan protokol kesehatan pengangkutan penumpang pada periode normal baru atau new normal.

Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia Igun Wicaksono mengatakan, walaupun saat ini ojol masih tidak diperbolehkan mengangkut penumpang di berbagai wilayah, namun Grda Indonesia telah menyiapkan langkah preventif penyebaran Covid-19 pada periode new normal. Salah satunya penumpang harus membawa helm masing-masing.

Baca Juga: Selama PSBB Dilarang Angkut Penumpang, Ini Keluhan Pengemudi Ojol

“Apabila ojol sudah diperbolehkan membawa penumpang, maka diharapkan penumpang mendapatkan layanan ojol yang bersih dan higienis optimal,” ujar, Igun.

Membawa helm masing-masing untuk penumpang tersebut, dilakukan untuk meminimalisasi potensi penyebaran Covid-19 melalui helm. Selain itu juga menjalakan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah.

Meski penumpang nantinya membawa helm, namun pengemudi ojol masih akan menyediakan helm selama masa sosialisasi dilakukan. “Sementara masih perlu waktu untuk sosialisasi dulu. Target kami sosialisasi satu bulan,” kata dia.

Igun juga telah menyiapkan berbagai protokol lainnya, seperti meminta kepada pengemudi dan penumpang untuk seminimal mungkin melakukan kontak hingga penggunaan atribut lengkap bagi pengemudi.

Baca Juga: Cara Pertamina Beri Semangat Pengemudi Ojol

“Kami berharap, pemerintah maupun otoritas terkait penanganan Covid-19 dapat melibatkan asosiasi dalam menguatkan protokol kesehatan untuk memasuki fase the new normal,” ucapnya.