POPULAR STORIES

Saatnya Beli Jeep Cherokee, Tahun Depan Sudah Berhenti Produksi

Saatnya Beli Jeep Cherokee, Tahun Depan Sudah Berhenti Produksi Foto: Jeep

KabarOto.com - Jeep Cherokee adalah jajaran SUV yang diproduksi dan dipasarkan oleh Jeep selama lima generasi. Awalnya dipasarkan sebagai varian Jeep Wagoneer, Cherokee telah berevolusi dari SUV ukuran penuh menjadi salah satu SUV kompak pertama dan menjadi generasi saat ini sebagai SUV crossover.

Untuk generasi kelima pada 2014, Cherokee kembali hadir dengan menjelma kendaraan crossover dan tumbuh menjadi ukuran sedang untuk memberi ruang bagi Jeep Renegade di bawah Cherokee dan Compass.

Pertama kali hadir di New York International Auto Show 2013, dengan masa penjualan kendaraan mulai pada November 2013. Kendaraan ini dikembangkan bersama Chrysler dan Fiat, dibangun di pabrik perakitan Belvidere, Illinois, Amerika Serikat.

Baca juga: Jeep Cherokee 2022 Tampil Lebih Tangguh!

Masuk pasar Indonesia pada 2020 dengan mesin bensin 4 silinder DOHC turbo berkapasitas 2.000 cc

Di Indonesia pada 2020, Jeep kala itu masih dipegang oleh Haskar Group sempat memperkenalkan Jeep Cherokee dengan mesin 4 silinder DOHC turbo dengan kapasitas 2.000 cc.

Kini pada 2022, kabar mengejutkan saat KabarOto mengikuti "Jeep Indonesia & Media Ramadan Iftar 2022", Kamis sore kemarin (14/4), disebutkan bahwa mulai 2023 nanti Jeep Cherokee akan berhenti produksi, artinya mobil SUV ini tidak akan melanjutkan lagi kiprahnya dipasar otomotif global.

Dhani Yahya selaku Chief Operating Officer DAS Indonesia Motor menjelaskan, bahwa dihentikan produksi mobil ini karena perannya digantikan oleh Jeep Meridian atau Jeep Commander. Memiliki peran yang sama sebagai SUV kompak, kemungkinan ini yang menjadi alasan Jeep Cherokee tidak melanjutkan produksinya.

Baca juga: Jeep Meridian Ada Potensi Jadi SUV 7 Seater Terjangkau Di Indonesia

"Perannya akan digantikan oleh kehadiran Jeep Meridian dengan 3 baris tempat duduk. Pasarnya terlalu berbarengan dengan Jeep Meridian juga, apalagi nanti Meridian menggunakan mesin yang hampir sama yakni 2.000 cc dengan turbo," tambah Dhani Yahya.

Namun saat ini Jeep Cherokee masih melenggang dipasar global, ketika membuka website Jeep Indonesia untuk unit Jeep Cherokee ini tidak tersedia, hanya varian Wrangler, Gladiator dan Compass yang tersedia.

Well, bisa jadi ini saatnya bagi anda untuk memburu SUV kompak dengan penggerak roda depan ini. Tahun depan sudah tidak akan produksi lagi.