POPULAR STORIES

Safety Car MotoGP 2021 Lebih Berwarna Dan Bervariasi

Safety Car MotoGP 2021 Lebih Berwarna dan Bervariasi Sumber Foto : BMW M GmbH

KabarOto.com – BMW M sudah menjalin kerja sama dengan pihak MotoGP sejak 1999 hingga 2021 ini, pertama kalinya bakal menurunkan tiga model dengan warna berbeda untuk MotoGP 2021.

Ajang pembuka MotoGP 2021 bakal digelar pada 28 Maret mendatang di Sirkuit Losail, Qatar. Pihak BMW M GmbH selaku pemasok mobil remsi MotoGP bakal memperkenalkan armada baru safety car. Memasuki musim baru, pihak BMW menampilkan 3 model barunya dan satu safety bike.

Baca juga: Mercedes AMG GT-R Dan C 63 S Estate Masih Dipakai Jadi Safety Car Dan Medical Car F1 2021
BMW M3 Competition Limousine

Pabrikan mobil asal Jerman ini memilih pendekatan baru dalam warna safety car ini. Mereka tidak lagi memilih balap khas BMW yakni putih, namun warna yang lebih variatif.

“Armada safety car adalah titik fokus keterlibatan kami di MotoGP. Kami sangat bangga memulai musim 2021 dengan empat kendaraan baru untuk pertama kalinya dalam 20 tahun kami sebagai kendaraan resmi MotoGP,” ungkap Markus Flasch selaku CEO BMW M GmbH.

Flasch juga menjelaskan bahwa ketiga safety car MotoGP yang akan digunakan merupakan mobil produksi masal yang telah terbukti memiliki performa tinggi. Apalagi pengendalian yang mudah dan dinamis membuat ketiga varian ini cocok untuk menjadi safety car MotoGP 2021.

BMW M4 Competition

Baca juga: Berkat Perangkat Ini, Ducati Desmosedici GP21 Lebih Stabil Dan Cepat

“Ketiga safety car akan bergabung dengan BMW M 1000 RR baru sebagai safety bike. Motor ini merupakan model M pertama yang dikembangan oleh divisi motorsport yang memenuhi standar ketat untuk turun di ajang balap dunia,” lanjut Flasch.

Ada tiga varian mobil dan 1 varian motor yang dipilih BMW untuk Safety Car MotoGP 2021 yakni BMW M3 Competition sedan warna abu-abu gelap, BMW M4 Competition Coupe warna kuning Sao Paulo, dan BMW M5 CS warna hijau gelap metalik.

BMW M5 CS

Ketiga safety car tersebut akan ditemani oleh BMW M 1000 RR Safety Bike. BMW M 1000 RR merupakan model M pertama untuk varian Mottorad. Varian motor ini juga bakal diturunkan untuk ajang balap World Superbike (WSBK) 2021.

Baca juga: 23 Model Akan Didatangkan BMW Group Indonesia Tahun 2021
BMW M 1000 RR

Untuk safety car, BMW tentu memilih mobil dengan performa apik dan pengendalian yang mudah untuk mencapai limitnya. Melihat varian yang dipilih, BMW hanya tinggal memberikan beberapa modifikasii untuk memenuhi syarat standar safety car MotoGP.

Modifikasi tersebut diantaranya pemasangan sirine atau strono di atas, lampu depan mode berkedip, kait kap mesin yang mudah dilepas, dan perangkat pematian daya darurat. Selain itu, kursi belakang BMW M4 Competition juga dilepas, penggunaan roll bar dan sabuk pengaman empat titik.