POPULAR STORIES

Sangarnya Hypercar Bugatti Bolide Yang Dibanderol Rp64 Miliar

Sangarnya Hypercar Bugatti Bolide yang Dibanderol Rp64 Miliar Sangarnya Hypercar Bugatti Bolide yang Dibanderol Rp64 Miliar (Kipli/ Bugatti)

KabarOto.com - Pada akhir tahun 2020, Bugatti memperkenalkan Bolide. Mobil khusus trek balap ini awalnya ditampilkan hanya satu kali sebelum versi produksi berikutnya diumumkan hampir setahun kemudian.

Rencananya, pada tahun 2024, mobil pertama dari 40 mobil yang direncanakan untuk diproduksi akan dikirim ke pemiliknya. Sementara itu, mesin W16 yang radikal telah menjalani pengujian di pangkalan udara.

Bugatti Boldie sendiri memang punya jantung yang luar biasa gahar. Mobil ini punya mesin 8.000 cc, W16, 4 Turbo. Mobil ini disebut-sebut sebagai mobil Bugatti paling ekstrem dan paling rumit yang pernah mereka buat dengan menggunakan basis sasis dari Chiron.

Baca Juga: Hypercar Porsche Mission X Diperkenalkan Secara Global

Meskipun memiliki mesin 16 silinder yang sangat besar, Bolide hanya berbobot 1.450 kilogram tanpa cairan dan pengemudi. Dengan tenaga sebesar 1.577 dk dan torsi 1.600 Nm, Bugatti telah merancang mobil itu dengan rasio bobot terhadap tenaga sebesar 0,9 kg/ dk.

Setelah diperkenalkan di event balap 24 Hours Le Mans, Bugatti Bolide juga menyapa event Goodwood Festival of Speed 2023. Dalam kesempatan ini, mobil Hypercar yang khusus dipakai balap ketahanan ini hadir untuk memeriahkan sesi Hill Climb yang menjadi acara utama event tersebut.

Baca Juga: Peugeot 9X8 Hypercar Anyar Diperkenalkan Perdana Di Milan Design Week

Secara bahan baku penggunaan, mobil ini akan banyak menggunakan bahan karbon serta beberapa teknologi balap lainnya yang akan cukup revolusioner saat siap digunakan secara penuh nanti.

Mobil tersebut, rupanya meyakinkan 40 orang untuk membayar €4 juta (sebelum pajak) atau setara Rp 64 miliar untuk memilikinya.

Pelanggan akan mendapatkan mobil yang dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran dan perangkat HANS (penyangga kepala dan leher), serta akses "gratis" ke lintasan balap.