POPULAR STORIES

Sanksi Double Long Lap Penalti Marc Marquez Dibatalkan

Sanksi Double Long Lap Penalti Marc Marquez Dibatalkan Insiden Marc Marquez tabrak Miguel Oliveira di MotoGP Portugal 2023 (Foto: Motogp)

KabarOto.com - Panel Steward FIM membatalkan sanksi double long lap penalti yang sebelumnya diberikan kepada Marc Marquez, terkait insiden dirinya menabrak Miguel Oliveira pada MotoGP Portugal 2023.

Insiden sempat ramai, sehingga muncul banyak perdebatan di publik. Sebelumnya, hukuman double long lap penalti berlaku untuk balapan MotoGP Argentina, namun Marquez diketahui absen pada seri tersebut. Kemudian, Panel Steward FIM mengubah sanksi itu agar bisa berlaku di balapan selanjutnya.

Merespon keputusan tersebut, Honda memutuskan mengajukan banding, karena merasa FIM memodifikasi hukuman bagi Marquez. Dan, pada akhirnya FIM memutuskan untuk membatalkan sanksi untuk Marquez.

Baca Juga: Penonton MotoGP Diklaim Menurun, Ini Komentar Valentino Rossi

Marc Marquez, Miguel Oliveira, dan Jorge Martin

Dalam pernyataan resmi FIM menyebutkan, "Pengadilan memutuskan untuk membatalkan permohonan sanksi yang dijatuhkan kepada Marc Marquez yang dikeluarkan oleh FIM MotoGP Steward terkait dengan sanksi yang asli. Pengadilan menilai bahwa Double Long Lap Penalty yang dijatuhkan kepada Marc Marquez oleh FIM Steward pada MotoGP Portugal 26 Maret 2023 telah dijalani karena rider tidak berpartisipasi pada balapan MotoGP Argentina 2023."

Artinya ketika Marc Marquez kembali balapan, dirinya tidak mendapatkan sanksi apapun. Pembalap asal Spanyol ini juga masih dalam kondisi cedera akibat insiden di MotoGP Portugal.

Baca Juga: Danilo Petrucci Gantikan Enea Bastianini Di MotoGP Prancis 2023

Sebagai pengigat, insiden MotoGP Portugal terjadi saat Marquez berusaha menyalip ke urutan depan namun posisi ban depannya terkunci.

Sehingga motor meluncur dan menabrak Miguel Oliveira dan Jorge Martin. Ketiga pembalap yang terlibat, tidak bisa melanjutkan balapan.