Satria 120 R Konversi Motor Listrik, Biayanya Rp20 Jutaan

Satria 120 R Konversi Motor Listrik, Biayanya Rp20 Jutaan Suzuki Satria 120 R (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Suzuki Satria merupakan motor 2 tak, dikenal cepat. Banyak digunakan untuk keperluan adu cepat 400 m bahkan untuk ajang balapan resmi. Namun bagaimana jika motor ini diubah menjadi kendaraan listrik, tanpa suara dan tanpa asap?

Seperti Suzuki Satria 120 R bernama Lumba, Komunitas Motor Listrik (Kosmik) pada GIIAS 2022 lalu, memamerkan Suzuki Satria lansiran 2002 bertenaga listrik. Motor itu digarap oleh Mandhasia Garage.

Baca juga: Suzuki Satria Diminati Pencinta Motor Di Negara Tetangga

Trias, perwakilan Kosmik menjelaskan, rangka dan sasis Suzuki Satria 120 R tidak diubah, rantai sebagai penyalur tenaga ke roda tetap digunakan. "Ini menggunakan sistem mid drive," jelas Trias.

Suzuki Saria listrik berwarna kuning (Foto: KabarOto)

Satria 120 R ini menggunakan motor listrik tipe Mid Motor QS 138 V3 3.000 watt. Sementara kapasitas baterainya 72 volt 42 Ah. Motor ini mampu berlari maksimal hingga 110 kpj, dalam baterai penuh bisa melaju sampai 80 km.

Bodi motor ini tetap dipertahankan, hanya dibalur warna kuning saja. Spidometer berbentuk analog juga digunakan. Namun tak terihat lagi adanya transmisi kopling dan knalpot seperti biasanya.

Baca juga: Ada 5 Pilihan Warna Baru, Harga All New Suzuki Satria F150 Tak Berubah

Ubahan konversi ini terdiri dari controller, baterai dan motor listrik. Untuk membuat paket secara keseluruhan, harganya berkisar Rp 20 juta - Rp 40 juta.