POPULAR STORIES

SCRC Pamer Dua Kendaraan Tempur Di Jambore Suzuki 2022, Untuk Bantu Korban Bencana

SCRC Pamer Dua Kendaraan Tempur di Jambore Suzuki 2022, untuk Bantu Korban Bencana Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC)

KabarOto.com - Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) merupakan organisasi sosial yang terbentuk dari komunitas mobil Suzuki, untuk membantu korban bencana alam di Indonesia. SCRC didukug oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dalam melaksanakan kegiatannya.

Pada Jambore Suzuki Club, yang berlangsung di Museum Purna Bhakti, TMII, Jkarta Timur, SSRC membawa dua kendaraan tempurnya, yaitu Suzuki Carry Box dan juga Ambulans. Mereka memamerkannya di hadapan pengunjung Jambore bertema‘Suzuki Day - Urban Picnic’.

Baca Juga: Suzuki, SSC Dan SCRC Beri Bantuan Untuk Korban Gempa Di Cianjur

Suzuki Carry box ini, biasa digunakan untuk mengangkut barang-barang kebutuhan pokok, bagi korban bencana, khususnya balita, ibu hamil dan menyusui, lansia. Seperti selimut, perlengkapan mandi, perangkat tidur dan kebutuhan pokok seperti makanan. Bahkan mereka juga membangun tenda dapur umum di pengungsian.

Suzuki Carry Box SCRC (Foto: KabarOto)

Di atasnya terdapat perahu karet, yang setiap saat dapat digunakan untuk mengevakuasi korban banjir atau banjir bandang.

Sementara, Suzuki Carry ambulans, dilengkapi dengan peralatan medis standar sebuah ambulans lengkap. Kendaraan ini biasanya didukung dengan tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat. Bahkan, dokter dari anggota komunitas terjun langsung ke lapangan untuk membantu memeriksa kesehatan, bahkan melakukan tindakan medis seperti operasi ringan.

Ketua Umum SCRC Rachmat Pangestu, mengatakan, mereka mencoba memberikan bantuan ketika terjadi kondisi darurat, seperti penanganan gempa di Cianjur. "Kami berkoordinasi dengan Basarnas untuk penanggulangan bencana di lokasi,” terangnya, di sela-sela Jambore Suzuki, di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta Timur, Minggu (10/12/2022).

Untuk dapat memberikan bantuan, SCRC memiliki perlengkapan penolong seperti ambulans, perahu karet, alat medis, dan alat pertolongan bencana.

Ambulance Suzuki carry (Foto: KabarOto)

Untuk masalah bangunan, mereka juga memiliki anggota yang berprofesi sebagai arsitek, sehingga semua kebutuhan sudah terpenuhi dalam memabntu para korban.

Jambore Suzuki Club 2022 ini, menjadi momen SCRC menghadirkan kendaraan tersebut. Mereka juga bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Basarnas untuk memamerkan peralatan yang dimiliki.

Octavian, Ketua Harian SCRC mengatakan, masalah dana, mereka mengumpulkan dari member 14 komunitas mobil Suzuki. "kami kolektif, dikumpulkan dari para member," terang pria anggota Suzuki Jip ini.

Usai gempa yang menimpa Cianjur, Jawa Barat 21 November 2022 lalu, sampai sekarang, SCRC masih mendirikan posko darurat untuk masyarakat terdampak bencana.

Baca Juga: Dihadiri Ribuan Orang, Jambore Suzuki Club 2022 Berlangsung Meriah

Oktavian bersama para anggota, sudah memberikan perlengkapan seperti kasur tidur, karena banyak korban mengalami kerusakan rumah juga kasur untuk beristirahat. "Kami juga berikan kebutuhan dasar pangan lain, seperti makanan, minuman dan juga obat-obatan," tutup Oktavian.