POPULAR STORIES

Scuderia Cameron Glickenhaus 007, Hypercar Asal Amerika Serikat

Scuderia Cameron Glickenhaus 007, Hypercar asal Amerika Serikat

KabarOto.com - Scuderia Cameron Glickenhaus sebagai salah satu produsen hypercar asal Amerika Serikat kembali memperkenalkan mobil teranyar mereka yang diberi nama SCG LMP1 007, hypercar ini akan berlaga pada musim pertama kejuaraan World Endurance Championship/WEC tahun 2020/2021 dan akan bersaing dengan Toyota GR Super Sport serta Aston Martin Valkyrie WEC.

Hypercar ini merupakan evolusi dari SCG 003 C yang digunakan oleh tim Glickenhaus saat berlaga di Sirkuit Nurburgring, namun SCG LMP1 007 diproduksi dengan bobot lebih ringan dan lebih modern.

Jika dilihat dari model konsepnya, penggunaan powertrainnya berbeda dengan model resminya. Mesinnya tidak jadi menggunakan mesin hybrid berteknologi KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang digunakan pada model konsepnya, melainkan menggunakan mesin V6 twin-turbo berkapasitas 3.000 cc yang terletak di belakang bangku pengemudi.

Baca juga: Ford Focus RS Hasil Garapan Mountune Bisa Tembus 513 Dk

SCG mengatakan bahwa mesin LMP1 007 ini akan memiliki tenaga sebesar 750 dk yang sesuai dengan regulasi Hypercar WEC. Mesin yang digunakannya sekilas sama dengan Alfa Romero Giulia Quadrifoglio yang menawarkan mesin V6 twin-turbo berkapasitas 2.900 cc.

Secara visual, livery yang digunakan hypercar Scuderia Cameron Glickenhaus didominasi warna merah dan putih atau biru dan putih dengan corak yang mirip seperti corak pada bodi Alfa Romeo 33TT3 sebagai sportcar Group 5 yang digunakan dalam musim 1969-1972, ditambah sayap lebar yang membentang dari fender belakang.

Baca juga: Hyundai Motors Indonesia Bakal Hadirkan Ioniq Electric Lebih Murah Lagi

Perlu diketahui bahwa mesin V6 twin-turbo yang digunakan pada Alfa Romeo berbagi basis dengan mesin F154 pada Ferarri 488 yang memiliki keluaran tenaga 503 dk.

Scuderia Cameron Glickenhaus menginformasikan bahwa mereka akan memproduksi 2 unit model LMP1 007, satu unit untuk perusahaan dan satu unit untuk pembalap yang ingin berlomba dalam ajang kejuaraan balap.

Kabarnya, selain memproduksi 2 unit model LMP1 007, SCG juga memproduksi model 25 road-legal secara terbatas, rencananya model 25 road-legal ini akan dibanderol sekitar US $ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliaran.

Namun, Scuderia Cameron Glickenhaus belum memberikan informasi resmi mengenai seberapa banyak model 25 road-legal akan diproduksi dan harga pastinya. (Nora Dian Pratama)

Berita Terkait

Berita Terkait